PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIK KELAS VII SMP METHODIST TG. MORAWA T.A 2018/2019

LUBIS, BUANA GREACE H (2019) PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIK KELAS VII SMP METHODIST TG. MORAWA T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4132111032 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4132111032 COVER.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4132111032 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4132111032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4132111032 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4132111032 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4132111032 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4132111032 PREFACE.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4132111032 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4132111032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4132111032 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4132111032 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4132111032 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4132111032 TABLES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4132111032 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4132111032 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4132111032 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4132111032 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4132111032 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4132111032 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4132111032 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4132111032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini adalah ekperimen semu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kritis matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Inkuiri lebih tinggi daripada yang diajar dengan model pembelajaran Realistik di SMP Swasta Methodist Tg. Morawa T.A 2018/2019.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Methodist Tg. Morawa yang terdiri dari 3 kelas. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 50 siswa yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII-2 yang merupakan kelas eksperimen 1 sebanyak 25 orang dan kelas VII-3 yang merupakan kelas eksperimen 2 sebnayak 25 orang. Kelas eksperimen 1 menggunakan model pembelajaran Inkuiri dan kelas ekperimen 2 menggunakan model pembelajaran Realistik. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan test essay sebanyak 5 soal dan telah dinyatakan valid oleh tim ahli.
Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data. Dari pengujian ini diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang memiliki varians yang homogen dan berdistribusi normal. Dari analisis data pada kelas eksperimen 1 diperoleh nilai rata-rata posttest 71,04 dan simpangan baku posttest 12,96. Pada kelas ekperimen 2 diperoleh nilai rata-rata posttest 61,96 dan simpangan baku posttest 12,94. Dari analisis data posttest dengan menggunakan uji-t pada taraf nyata α = 0,05 diperoleh thitung = 2,479 dan ttabel = 2,004 yang ternyata thitung> ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima.
Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematik siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri lebih baik dibandingkan dengan kemampuan berpikir kritis matematik siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Realistik di kelas VII SMP Swasta Methodist Tg. Morawa. Dengan demikian berarti ada perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran Inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis matematik siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 MAT 069
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 19 Feb 2019 09:57
Last Modified: 11 Apr 2019 03:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31836

Actions (login required)

View Item
View Item