SIREGAR, AYU APRIDA BERLIANA (2019) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 07 MEDAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4143111008 COVER.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
2. NIM. 4143111008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
3. NIM. 4143111008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
4. NIM. 4143111008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
5. NIM. 4143111008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
6. NIM. 4143111008 TABLES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. NIM. 4143111008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 4143111008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
9. NIM. 4143111008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (669kB) | Preview
13. NIM. 4143111008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
14. NIM. 4143111008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran matematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII-4 SMP Muhammadiyah 07 Medan tahun ajaran2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-4 SMP Muhammadiyah 07 Medan pada semester ganjil T.A 2018/2019 yang berjumlah 33 orang. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematis dengan menerapkan model pembelajaran Inkuiri pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian terdiri dari 2 siklus dan tes diberikan pada setiap akhir siklus. Instrumen penelitian dalam pengumpulan data adaalh tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel saat diterapkan model pembelajaran inkuiri, dan lembar observasi digunakan untuk mengamati kegiatan belajar mengajar pada saat menerapkan model pembelajaran inkuiri. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran mengalami peningkatan, dimana berdasarkan hasil observasi proses pembelajaran untuk siklus I yaitu 2,33 sudah berada pada kategori cukup baik dan siklus II 3,30 berada pada kategori baik. Berdasarkan hasil tes juga mengalami peningkatan, dimana pada tes kemampuan pemecahan masalah I di siklus I persentase ketuntasan hanya 42,42% (14 orang siswa) dengan rata-rata 67,3 dan pada siklus II menjadi 96,97% (32 0rang siswa) dengan nilai rata-rata 78,50. Dan sudah memenuhi persentase ketuntasan klasikal yaitu (≥ 85 %). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di kelas VIII-4 SMP Muhammadiyah 07 medan dapat meningkatkan kemampuan pemacahan masalah matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MAT 070 |
Keywords: | Model pembelajaran inkuiri, Kemampuan pemecahan masalah matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 19 Feb 2019 09:56 |
Last Modified: | 11 Apr 2019 03:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31835 |