UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018

PRADANA, TONDI EKA (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM.6133311081 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM.6133311081 COVER.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM.6133311081 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM.6133311081 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM.6133311081 ABSTRAC.pdf]
Preview
Text
3. NIM.6133311081 ABSTRAC.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of 4.  NIM.6133311081  TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
4. NIM.6133311081 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 5.  NIM.6133311081  TABLES.pdf]
Preview
Text
5. NIM.6133311081 TABLES.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 6.  NIM.6133311081 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM.6133311081 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 7.  NIM.6133311081  TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM.6133311081 TABLES.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM.6133311081  PREFACE.pdf]
Preview
Text
8. NIM.6133311081 PREFACE.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM.6133311081 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM.6133311081 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM.6133311081 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM.6133311081 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM.6133311081 ENCLOSURE.pdf]
Preview
Text
15. NIM.6133311081 ENCLOSURE.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli siswa kelas X SMA N 11 Medan tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( classroom action research ). Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas X IPA 5 SMA N 11 medan tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 36 siswa yang akan diberi tindakan melalui variasi pembelajaran terhadap proses belajar passing bawah bola voli. Intrumen yang digunakan penelitian ini adalah lembar observasi kegiatan guru dan lembar observasi penilaian kriteria siswa dan fortofolio penilaian passing bawah bola voli. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka diperoleh hasil penelitian pada siklus I sebanyak 23 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (63,89%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan 13 orang siswa ( 47%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rataan belajar keseluruhan yaitu 69,42 sedangkan pada siklus II diperoleh data sebanyak 32 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (88,89%) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar, sedangkan 4 orang siswa (11,11%) masih belum tuntas, dengan nilai rataan hasil belajar 78,68. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa melalui variasi pembelajaran passing bawah bola voli dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa kelas X SMA N 11 Medan tahun ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 PJKR 071
Keywords: MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN PASSING BAWAH BOLA VOLI
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 19 Feb 2019 09:44
Last Modified: 21 Mar 2019 07:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31815

Actions (login required)

View Item
View Item