LESTARI, DIYAH AYU (2019) PENGARUH KOMUNIKASI ORANG TUA DENGAN ANAK TERHADAP KEPERCAYAANDIRI ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD BUNDA DESA CEMPEDAK LOBANG KECAMATAN SEI RAMPAH. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1123371031 COVER .pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
2. NIM. 1123371031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (466kB) | Preview
3. NIM. 1123371031 ABSTRACT .pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
4. NIM. 1123371031 PREFACE .pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
5. NIM. 1123371031 TABLE OF CONTENT .pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM. 1123371031 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 1123371031 LIST OF FIGURES .pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 1123371031 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
9. NIM. 1123371031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
13. NIM. 1123371031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM. 1123371031 BIBLIOGRAPHY .pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
Anak merupakan potensi sumber daya manusia serta penerus cita-cita perjuangan bangsa, sehingga untuk mampu melaksakan tanggung jawab tersebut anak perlu mendapat pembinaan sejak dini. Masa anak usia dini merupakan merupakan salah satu periode yang sangat penting karena pada masa inilah terbentuk kepribadian anak yang diperoleh melalui pengalaman sepanjang hidupnya. Pada dasarnya, proses pendidikan dapat terjadi dalam banyak situasi sosial. Secara garis besar proses pendidikan dapat terjadi dalam tiga lingkungan yang terkenal denbgan sebutan trilogi pendidikan, yaitu pendidikan dalam keluarga (pendidikan informal), pendidikan di sekolah (pendidikan formal), dan pendidikan di masyarakat (pendidikan non formal).Adapun rumusan masalah penelitian adalah 1) Bagaimana komunikasi yang dilakukan orangtua terhadap anak? dan 2) Bagaimana kondisi kepercayaan diri anak usia 4-5 Tahun di PAUD BUNDA Desa Cempedak Lobang Kecamatan Sei Rampah? dengan tujuan penelitian 1) mengetahui komunikasi yang dilakukan orangtua terhadap anak dan 2) Mengetahui kondisi kepercayaan diri anak usia 4-5 Tahun di PAUD BUNDA Desa Cempedak Lobang Kecamatan Sei Rampah
Jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 70 orang, yakni orangtua murid (ayah/ibu) di kelas B1 dan B2 yang berada di PAUD BUNDA Desa Cempedak Lobang Kec. Sei Rampah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung dan positip, variabel Komunikasi Organg Tua (X) berpengaruh langsung dan signifikan terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia 4-5 Tahun dimana besar koefisien antara (X) dengan (Y) p_(43 )=0,245 dan besarnya pengaruh Komunikasi Organg Tua (X) terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia 4-5 Tahun adalah 0,0600. Artinya bahwa Komunikasi Organg Tua (X) secara langsung menentukan perubahan kepada Kepercayaan Diri Anak Usia 4-5 Tahun sebesar 6.%. Saran penelitian agar orang tua mampu memilih dan mempertimbangkan cara yang tepat dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan anak, dapat menciptakan komunikasi yang baik dengan cara berkata lembut dan tenang, dan menjaga dan memerhatikan perasaan anak agar mereka percaya diri akan anak merasa optimis dan mampu untuk melakukan penyesuaian dengan lingkungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PLS 013 |
Keywords: | KOMUNIKASI ORANG TUA, KEPERCAYAAN DIRI ANAK, PAUD |
Subjects: | H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ503 The family. Marriage. Home > HQ755.7 Parents. Parenthood L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 19 Feb 2019 09:43 |
Last Modified: | 08 Apr 2019 04:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31813 |