SIAHAAN, ALEX C. B (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MENGGUNAKAN PERALATAN PEMBANDING DAN ALAT UKUR DASAR KELAS X TKR SMK MUSDA PERBAUNGAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5123121002 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 5123121002 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (440kB) | Preview
3. NIM. 5123121002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
4. NIM. 5123121002 KPREFACE.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
5. NIM. 5123121002 LIST OF CONTENS.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
6. NIM. 5123121002 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
7. NIM. 5123121002 LIST OF PICTURES.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
8. NIM. 5123121002 LIST OF APPENDICCES.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
9. NIM. 5123121002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (629kB) | Preview
13. NIM. 5123121002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
14. NIM. 5123121002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar alat ukur dasar siswa kelas X TKR SMK Musda Perbaungan dengan menerapkan Model Pembelajaran Inquiry. Dalam pelaksanaan tindakan guru dibantu oleh seorang pengamat sebagai observer. Strategi Penelitian Tindakan Kelas yang digunakan adalah strategi yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc. Taggart (Wiriatmaja, 2005). Strategi ini mempunyai empat tahapan, yaitu tahap: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi yang dari dua siklus.
Hasil penelitiannya diamana nilai rata-rata aktivitas siswa mengalami peningkatan aktivitas dari siklus I ke siklus II dengan peningkatan sebesar 10,5%. Dari tes evaluasi hasil belajar siswa terjadi peningkatan dimana 21 siswa (63,63%) yang tuntas belajar pada siklus I menjadi 27 siswa (81,81%) pada siklus II dimana terjadi peningkatan sebesar 18,18%, berarti bahwa telah tercapai batas tuntas indikator yang ditetapkan secara klasikal yaitu 80% siswa memperolah nilai ≥ 70. Melalui penelitian ini terbukti bahwa strategi Inquiry telah meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Dengan demikian, pembelajaran pada mata pelajaran Menggunakan Peralatan Pembanding dan Alat Ukur Dasar dengan menggunakan Model Pembelajaran Inquir. Pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X TKR SMK Musda Perbaungan Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MSN 022 |
Keywords: | Model Pembelajaran Inquiry, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar, dan Alat Ukur Dasar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 19 Feb 2019 09:30 |
Last Modified: | 25 Feb 2019 03:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31795 |