PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MENGGUNAKAN PERALATAN PEMBANDING DAN ALAT UKUR DASAR KELAS X TKR SMK MUSDA PERBAUNGAN TAHUN AJARAN 2017/2018

SIAHAAN, ALEX C. B (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MENGGUNAKAN PERALATAN PEMBANDING DAN ALAT UKUR DASAR KELAS X TKR SMK MUSDA PERBAUNGAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5123121002 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5123121002 COVER.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5123121002 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5123121002 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (440kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5123121002 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5123121002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5123121002 KPREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5123121002 KPREFACE.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5123121002 LIST OF CONTENS.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5123121002 LIST OF CONTENS.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5123121002 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5123121002 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5123121002 LIST OF PICTURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5123121002 LIST OF PICTURES.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5123121002 LIST OF APPENDICCES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5123121002 LIST OF APPENDICCES.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5123121002 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5123121002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (629kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5123121002 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5123121002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5123121002 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5123121002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar alat ukur dasar siswa kelas X TKR SMK Musda Perbaungan dengan menerapkan Model Pembelajaran Inquiry. Dalam pelaksanaan tindakan guru dibantu oleh seorang pengamat sebagai observer. Strategi Penelitian Tindakan Kelas yang digunakan adalah strategi yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc. Taggart (Wiriatmaja, 2005). Strategi ini mempunyai empat tahapan, yaitu tahap: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi yang dari dua siklus.
Hasil penelitiannya diamana nilai rata-rata aktivitas siswa mengalami peningkatan aktivitas dari siklus I ke siklus II dengan peningkatan sebesar 10,5%. Dari tes evaluasi hasil belajar siswa terjadi peningkatan dimana 21 siswa (63,63%) yang tuntas belajar pada siklus I menjadi 27 siswa (81,81%) pada siklus II dimana terjadi peningkatan sebesar 18,18%, berarti bahwa telah tercapai batas tuntas indikator yang ditetapkan secara klasikal yaitu 80% siswa memperolah nilai ≥ 70. Melalui penelitian ini terbukti bahwa strategi Inquiry telah meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Dengan demikian, pembelajaran pada mata pelajaran Menggunakan Peralatan Pembanding dan Alat Ukur Dasar dengan menggunakan Model Pembelajaran Inquir. Pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X TKR SMK Musda Perbaungan Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 MSN 022
Keywords: Model Pembelajaran Inquiry, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar, dan Alat Ukur Dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 19 Feb 2019 09:30
Last Modified: 25 Feb 2019 03:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31795

Actions (login required)

View Item
View Item