PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 BINTANG BAYU TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

SIRUMAHOMBAR, ASIMA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 BINTANG BAYU TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01 NIM 7143142005 COVER.pdf]
Preview
Text
01 NIM 7143142005 COVER.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 02 NIM 7143142005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
02 NIM 7143142005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview
[thumbnail of 03 NIM 7143142005 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
03 NIM 7143142005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of 04 NIM 7143142005 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
04 NIM 7143142005 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 05 NIM 7143142005 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
05 NIM 7143142005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 06 NIM 7143142005 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
06 NIM 7143142005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 07 NIM 7143142005 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
07 NIM 7143142005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 08  NIM7143142005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
08 NIM7143142005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 09 NIM 7143142005 BAB I.pdf]
Preview
Text
09 NIM 7143142005 BAB I.pdf - Published Version

Download (401kB) | Preview
[thumbnail of 13 NIM 7143142005 BAB V.pdf]
Preview
Text
13 NIM 7143142005 BAB V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM 7143142005 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14 NIM 7143142005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran Brain Based Learning terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Biintang Bayu Tahun Pembelajaran 2018/2019. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Brain Based Learning dan metode konvensional terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Bintang Bayu Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bintang Bayu yang beralam di jalan Utama No. 2 Bintang Bayu Serdang Bedagai Tahun Pembelajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Bintang Bayu yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 76 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XII IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 orang dan XII IPS 2 yang berjumlah 32 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 15 item. Untuk menganalisis data digunakan uji t. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai thitungsebesar 2,674 sedangkan ttabel1,669 dengan demikian thitung> ttabel (2,674 > 1,669) pada taraf signifikan 95%. Berdasarkan hasil perhitungan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Brain Based Learning lebih tinggi signifikan dibandingkan hasil belajar dengan menggunakan metode konvensional di kelas XII IPS SMA Negeri 1 Bintang Bayu. Hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 AKT 043
Keywords: Model pembelajaran brain based learning;Hasil belajar
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 18 Feb 2019 10:14
Last Modified: 19 Feb 2019 06:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31763

Actions (login required)

View Item
View Item