SIRUMAHOMBAR, ASIMA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 BINTANG BAYU TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 NIM 7143142005 COVER.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
02 NIM 7143142005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
03 NIM 7143142005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
04 NIM 7143142005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
05 NIM 7143142005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
06 NIM 7143142005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
07 NIM 7143142005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
08 NIM7143142005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
09 NIM 7143142005 BAB I.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
13 NIM 7143142005 BAB V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14 NIM 7143142005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran Brain Based Learning terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Biintang Bayu Tahun Pembelajaran 2018/2019. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Brain Based Learning dan metode konvensional terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Bintang Bayu Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bintang Bayu yang beralam di jalan Utama No. 2 Bintang Bayu Serdang Bedagai Tahun Pembelajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Bintang Bayu yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 76 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XII IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 orang dan XII IPS 2 yang berjumlah 32 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 15 item. Untuk menganalisis data digunakan uji t. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai thitungsebesar 2,674 sedangkan ttabel1,669 dengan demikian thitung> ttabel (2,674 > 1,669) pada taraf signifikan 95%. Berdasarkan hasil perhitungan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Brain Based Learning lebih tinggi signifikan dibandingkan hasil belajar dengan menggunakan metode konvensional di kelas XII IPS SMA Negeri 1 Bintang Bayu. Hipotesis diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 AKT 043 |
Keywords: | Model pembelajaran brain based learning;Hasil belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 18 Feb 2019 10:14 |
Last Modified: | 19 Feb 2019 06:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31763 |