SILABAN, RANI NOVIA (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI VIRUS DI KELAS X MIA SMA NEGERI 8 MEDAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4143141051 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 4143141051 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
3. NIM. 4143141051 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
4. NIM. 4143141051 PREFACE.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
5. NIM. 4143141051 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
6. NIM. 4143141051 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
7. NIM 4143141051 TABLES.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
8. NIM 4143141051 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (22kB) | Preview
9. NIM. 4143141051 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
13. NIM. 4143101051 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
14. NIM. 4143141051 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Tingkat kelayakan LKPD berbasis Discovery Learning pada materi Virus berdasarkan penilaian ahli materi; (2) Tingkat kelayakan LKPD berbasis Discovery Learning pada materi Virus berdasarkan penilaian ahli pembelajaran; (3) Respon guru bidang studi terhadap LKPD berbasis Discovery Learning pada materi Virus; (4) Respon peserta didik terhadap LKPD berbasis Discovery Learning pada materi Virus; (5) Mengetahui efektifitas LKPD berbasis Discovery Learning pada materi Virus terhadap hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Tingkat kelayakan LKPD berbasis Discovery Learning pada materi Virus menurut tim ahli materi berada pada kriteria “Sangat Layak” (91%); (2) Tingkat kelayakan LKPD berbasis Discovery Learning pada materi Virus menurut tim ahli pembelajaran berada pada kriteria “Sangat Layak” (90%); (3) Tingkat kelayakan LKPD berbasis Discovery Learning pada materi Virus menurut guru bidang studi berada pada kriteria “Sangat Layak” (98%); (4) Tingkat kelayakan menurut peserta didik melalui uji coba perorangan berada pada kriteria “Layak” (86,6%), uji coba kelompok kecil berada pada kriteria “Layak” (95%), dan uji coba kelompok terbatas berada pada kriteria “Layak” (99%); (5) Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan berupa LKPD berbasis Discovery Learning materi Virus efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Mengingat penelitian ini hanya dilakukan sampai uji coba lapangan terbatas untuk mengetahui keefektifannya hanya dilakukan sampai pra-efektifitas terhadap produk ini, maka perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BIO 077 |
Keywords: | Pengembangan, LKPD, Discovery Learning, Virus |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QR Microbiology > QR355 Virology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 18 Feb 2019 10:12 |
Last Modified: | 19 Feb 2019 04:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31761 |