WARDANI, RAHMAWATI (2019) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA PADA MATERI BARISAN DAN DERET KELAS XI SMA NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133111043 COVER.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
2. NIM 4133111043 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
3. NIM 4133111043 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
4. NIM 4133111043 CONTENTS.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
5. NIM 4133111043 LIST OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
6. NIM 4133111043 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7. NIM 4133111043 LIST OF DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
8. NIM 4133111043 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
9. NIM 4133111043 PREFERENCE.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
10. NIM 4133111043 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
14. NIM 4133111043 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
15. NIM 4133111043 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran siswa melalui penerapan model Problem Based Learning pada materi barisan dan deret di kelas XI MIA SMA Negeri 1 Lubuk Pakam. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa/i kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Lubuk Pakam yang berjumlah 36 orang. Objek penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan penalaran siswa melalui model Problem Based Learning pada materi barisan dan deret di SMA Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini dikatakan berhasil jika memenuhi 3 indikator keberhasilan, yaitu: 1) Kemampuan penalaran siswa secara individu mencapai KKM (nilai ≥ 65) dengan kategori sedang; 2) Secara klasikal terdapat ≥ 85% ketuntasan belajar siswa); dan 3) Kemampuan guru dalam mengelola pelajaran mencapai interval 2,6 3,5 dengan kategori baik. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian, yaitu: rata-rata kemampuan penalaran siswa pada siklus I sebesar 57,92 dengan persentase siswa yang telah mencapai KKM (nilai ≥ 65) sebesar 50% dan pada siklus II rata-rata kemampuan penalaran siswa meningkat menjadi 79,58 dengan persentase siswa yang telah mencapai KKM sebesar 91,67% dari jumlah siswa. Penerapan model Problem Based Learning juga meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi terhadap guru dalam mengelola pembelajaran yaitu pada siklus I kemampuan guru berada pada interval 1,6 2,5 dengan kategori kurang dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 2,6 3,5 dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan penalaran siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Lubuk Pakam sehingga pembelajaran dengan menerapkan model Problem Based Learning dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan penalaran siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MAT 073 |
Keywords: | Problem Based Learning, Kemampuan Penalaran Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 18 Feb 2019 10:06 |
Last Modified: | 19 Feb 2019 03:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31755 |