WULANDARI, PUTRI (2019) PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ASSISI MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1141113026_COVER.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
2. NIM. 1141113026_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
3. NIM. 1141113026_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
4. NIM. 1141113026_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
5. NIM. 1141113026_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
6. NIM. 1141113026_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7. NIM. 1141113026_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
8. NIM. 1141113026_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
9. NIM. 1141113026_BAB I.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
13. NIM. 1141113026_BAB V.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
14. NIM. 1141113026_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemandirian anak dalam kegiatan pembelajaran, dan kurangnya pemberian reward dalam pembelajaran. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian reward terhadap kemandirian anak usia 5-6 tahun di TK Assisi T.A 2018/2019. Penelitian ini dilakukan di kelas B5 sebagai kelas eksperimen yang ditentukan secara random dengan jumlah sampel sebanyak 20 orang anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif penelitian ini mnggunakan metode eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan bentuk the quivalent time sample design. Variabel bebas adalah pemberian reward dan variabel terikat adalah kemandirian anak. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar
observasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata anak dari kelas yang diberi reward pertama dengan menggunakan pemberian stiker bintang mendapatkan nilai 1,8 dan kelas yang tidak diberi reward mendapat nilai 1,6 sedangkan nilai rata-rata dari kelas yang diberi reward kedua dengan menggunakan pemberian stiker bintang mendapat nilai 2,25 dan kelas yang tidak diberi reward mendapat nilai 1,97. Berdasarkan hasil hipotesis menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pemberian reward dengan yang tidak diberikan reward terhadap kemandirian anak.
Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh kelas yang diberi reward dengan thitung < ttabel (1,46 < 1,729), sedangkan untuk kelas yang tidak diberi reward memperoleh nilai thitung < ttabel (1 < 1,729) dengan taraf α = 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa : “Terdapat pengaruh yang signifikan dalam pemberian reward terhadap kemandirian anak usia 5-6 tahun di TK Assisi Medan T.A 2018/2019”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PAUD 008 |
Keywords: | Reward Dan Kemandirian |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1140 Preschool education. Nursery schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 18 Feb 2019 10:03 |
Last Modified: | 20 Feb 2019 02:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31750 |