NASUTION, ADHTYA CAHYANI (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN STRATEGI PRACTICE REHEARSAL PAIR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IS SMA SWASTA DHARMAWANGSA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7143142001 COVER.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
2. NIM 7143142001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (520kB) | Preview
3. NIM 7143142001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
4. NIM 7143142001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
5. NIM 7143142001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
6. NIM 7123142001 TABLES.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
7. NIM 7123142001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
8. NIM 7123142001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
9. NIM 7143142001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (410kB) | Preview
13. NIM 7143142001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
14. NIM 7143142001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IS SMA Swasta Dharmawangsa Medan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa melalui penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving dengan Strategi Practice Rehearsal Pair. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Dharmawangsa Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IS yang berjumlah 32 orang, dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving dengan Strategi Practice Rehearsal Pair Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dimana, dalam tiap siklus terdiri dalam 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Tes dan Lembar Observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I yaitu tidak ada siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis yang sangat kritis, 15 siswa masuk dalam kategori kritis dengan persentase 46,87%, 17 siswa masuk dalam kategori cukup kritis dengan persentase 53,12%, dan tidak ada siswa masuk dalam kategori kurang kritis. Terjadi peningkatan pada siklus II sebanyak 24 siswa masuk dalam kategori sangat kritis dengan persentase 75%, 4 siswa masuk dalam kategori kritis dengan persentase 12,5%, 4 siswa masuk dalam kategori cukup kritis dengan persentase 12,5%, dan tidak ada siswa masuk dalam kategori kurang kritis. Sedangkan hasil belajar siswa yang dilaksanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I terdapat 21 siswa (65,63%) yang tuntas menjadi 29 siswa (90,63%) pada siklus II atau mengalami peningkatan sebesar 25%. Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving dengan Strategi Practice Rehearsal Pair dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa di kelas XII IS SMA Swasta Dharmawangsa Medan T.P 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 AKT 045 |
Keywords: | Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Creative Problem Solving Dan Strategi Practice Rehearsal Pair |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 18 Feb 2019 10:01 |
Last Modified: | 19 Feb 2019 08:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31748 |