Lubis, Elfi Lailan Syamita (2018) PENGEMBANGAN PENGUASAAN KOSAKATA BAKU SISWA KELAS V SD BERDASARKAN BUKU CERITA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166181005 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. NIM. 8166181005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
3. NIM. 8166181005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
4. NIM. 8166181005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
5. NIM. 8166181005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
6. NIM. 8166181005 TABLES.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
7. NIM. 8166181005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
8. NIM. 8166181005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
9. NIM. 8166181005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (599kB) | Preview
13. NIM. 8166181005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
14. NIM. 8166181005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan atas dasar pentingnya pembelajaran kosakata baku di
tingkat SD. Upaya yang dilakukan dengan memberikan buku cerita yang sesuai
dengan tingkat perkembangan peserta didik kelas tinggi. Hasil akhir diharapkan
bahwa buku cerita dapat memberikan efek positif terhadap perkembangan
penguasaan kosakata baku siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan keefektifan hasil pengembangan penguasaan kosakata baku pada
siswa kelas V SD Swasta Nurul Hasanah Tembung. Penelitian ini merupakan
penelitian pengembangan (Research & Development) dengan menggunakan
model pengembangan Sugiyono. Subjek penelitian pengembangan penguasaan
kosakata baku adalah validator, guru bahasa Indonesia dan siswa kelas V SD
Swasta Nurul Hasanah Tembung dan objek penelitian ini adalah bahan ajar yang
diimplementasikan kepada siswa dalam meningkatkan penguasaan kosakata baku.
Instrument penelitian ini adalah tes, observasi dan validasi koesioner. Hasil
penelitian ini, menunjukkan bahwa hasil validasi ahli terhadap bahan ajar yang
digunakan untuk mengembangkan penguasaan kosakata baku siswa diperoleh
skor rata-rata 4,27 dengan kategori sangat baik. Untuk validasi guru bahasa
Indonesia diperoleh skor rata-rata 4,52 dengan kategori baik, dan validasi siswa
kelompok lapangan mendapat skor 4,75 dengan kategori sangat baik. Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar layak digunakan untuk
mengembangkan penguasaan kosakata baku siswa kelas V SD Swasta Nurul
Hasanah Tembung. Selanjutnya, efektivitas hasil pengembangan penguasaan
kosakata baku berdasarkan buku cerita, yang sebelum proses pengembangan
dalam kategori cukup dengan rata-rata skor 68,23 dan kemudian meningkat
menjadi 81,28 setelah pengembangan dan hal ini sejalan dengan hasil observasi
setelah pengembangan yaitu 85,12 dengan kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 3752.6 Lub p |
Keywords: | penguasaan kosakata baku, bahan ajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3045 Textbooks P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P201 Comparative grammar |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Feb 2019 09:42 |
Last Modified: | 12 Feb 2019 09:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31712 |