Ningsih, Surya (2018) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BUDI PEKERTI BERBASIS BUDAYA MELAYU UNTUK PEMBANGUNAN KARAKTER MAHASISWA DI SEKOLAH TINGGI ILMU PERTANIAN AGROBISNIS PERKEBUNAN (STIPAP) MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156122032 COVER.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
2. NIM. 8156122032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (857kB) | Preview
3. NIM. 8156122032 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4. NIM. 8156122032 PREFACE.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
5. NIM. 8156122032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
6. NIM. 8156122032 TABLES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7. NIM. 8156122032 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. NIM. 8156122032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (703kB) | Preview
12. NIM. 8156122032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
13. NIM. 8156122032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) untuk meningkatkan kemampuan dan kecerdasan bagi
mahasiswa. (2) Untuk mengembangkan model pembelajaran praktis, valid dan efektif. Jenis
penelitian ini pengembangan yang menggukan model 4-D. Tahap I define (pendefenisian).
Tahap II design (perancangan) yakni mengkaji format-format bahan ajar yang akan
dikembangkan. Tahap III develop ( pengembangan) uji coba produk yang terdiri dari : (1)
validasi ahli materi pembelajaran, (2) validasi ahli desain pembelajaran, (3) uji coba
perorangan, (4) uji coba kelompok kecil, dan (5) uji coba lapangan terbatas. Tahap IV
disseminate (penyebaran) merupakan suatu tahap akhir pengembangan dengan tujuan untuk
mengetahui efektifitas penggunaan model pembelajaran melalui bahan ajar dalam proses
pembelajaran. Disseminate (penyebaran) dilakukan untuk mendapatkan masukan, koreksi,
saran, penilaian untuk menyempurnakan produk akhir pengembangan agar siap diadopsi oleh
para pengguna produk.
Subjek uji coba terdiri dari dua ahli materi mata kuliah karakter, dan dua ahli desain
pembelajaran. Empat orang mahasiswa untuk uji coba perorangan, sepuluh mahasiswa untuk
uji coba kelompok kecil dan empat puluh (40) mahasiswa untuk uji coba lapangan terbatas.
Data-data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket dan
dengan kegiatan outbound. Hasil penelitian menunjukan : (1) uji ahli materi berada pada
kualifikasi sangat baik (85,30%), (2) uji ahli desain pembelajaran berada pada kualifikasi
sangat baik (92,65%), (3) uji coba mahasiswa berada pada kualifikasi sangat baik (85,30%).
Kesimpulan penelitian ini adalah pengembangan model pembelajaran budi pekerti berbasis
budaya Melayu untuk pembangunan karakter mahasiswa efektif digunakan pada matakualiah
karakter, dan juga meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Bahkan berdasarkan diskusi secara
langsung dengan mahasiswa bahwa pengembangan model pembelajaran budi pekerti
berbasis budaya Melayu untuk pembangunan karakter dapat belajar secara leluasa bekerja
sama sesama tim dan dapat berkreasi bersama.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.1 nin p |
Keywords: | Karakteristik Budaya Melayu, Model Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 01 Feb 2019 09:56 |
Last Modified: | 01 Feb 2019 09:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31685 |