Purba, Jul Andri (2018) PENGEMBANGAN MEDIA AJAR PADA MATERI TEKS NARASI UNTUK SISWA KELAS VII SMP PEMBANGUNAN GALANG. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146191011 COVER.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
2. NIM. 8146191011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (595kB) | Preview
3. NIM. 8146191011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
4. NIM. 8146191011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
5. NIM. 8146191011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
6. NIM. 8146191011 TABLES.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
7. NIM. 8146191011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
8. NIM. 8146191011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
9. NIM. 8146191011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (615kB) | Preview
13. NIM. 8146191011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
14. NIM. 8146191011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan media
ajar berbentuk komik pada materi teks narasi untuk siswa kelas VII SMP
Pembangunan Galang, mengetahui kelayakan media ajar berbentuk komik pada
materi teks narasi, dan mengetahui keefektivan media ajar berbentuk komik pada
materi teks narasi. Penelitian ini menggunakan metode Research and
Development dengan menggunakan model Borg & Gall. Data dianalisis secara
deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses
pengembangan media ajar berbentuk komik pada materi teks narasi dilakukan
dengan beberapa tahap yaitu studi pendahuluan, pengembangan produk awal, dan
uji coba produk. Semua guru (100%) dan semua peserta didik (100%) menyatakan
memerlukan media ajar berbentuk komik yang dikembangkan dalam proses
pembelajaran ; (2) hasil validasi ahli materi dinyatakan layak dengan perolehan
persentase rata-rata 90% dengan kriteria “sangat baik”. Selanjutnya hasil validasi
ahli bahasa dinyatakan layak dengan perolehan persentase rata-rata 100% dengan
kriteria “sangat baik”. Selanjutnya hasil validasi ahli media dinyatakan layak
dengan perolehan persentase rata-rata 76.33% dengan kriteria “baik”. Selanjutnya
hasil validasi ahli desain juga dinyatakan layak dengan perolehan persentase ratarata
88.33% dengan kriteria “sangat baik”, penilaian guru bahasa Indonesia
dengan perolehan persentase rata-rata 87,50% dengan kriteria “sangat baik”, Uji
coba perorangan memperoleh nilai rata-rata 68% dengan kriteria baik. Uji coba
kelompok kecil memperoleh nilai rata-rata 82,47% dengan kriteria sangat baik.
Selanjutnya uji coba lapangan terbatas memperoleh nilai rata-rata 88%; (3) materi
teks narasi yang dikembangkan lebih efektif dibandingkan dengan buku teks
pegangan siswa dengan efektivitas pada media ajar yang dikembangkan sebesar
83,38% dan efektivitas buku pegangan siswa sebesar 68,88%. Implikasi dari hasil
penelitian ini adalah diperoleh peningkatan kemampuan siswa dalam kegiatan
menulis dengan digunakannya media ajar berbentuk komik pada materi teks
narasi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 410.071 2 Pur p |
Keywords: | media ajar, komik, tek narasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P121 Science of language (Linguistics) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Jan 2019 10:19 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 10:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31682 |