Bangun, Meilyana Putri (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS BERITA BERBASIS PEMBELAJARAN KONTEKSTUA PADA SISWA KELAS VIII SMP PRESTASI UTAMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156191009 COVER.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
2. NIM 8156191009 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
3. NIM 8156191009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
4. NIM 8156191009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
5. NIM 8156191009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6. NIM 8156191009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
7. NIM 8156191009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8. NIM 8156191009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
9. NIM 8156191009 BAB I.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
13. NIM 8156191009 BAB V.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
14. NIM 8156191009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang hasil pengembangan bahan ajar menulis teks berita berbasis pembelajaran kontekstual pada siswa kelasVIII SMP Prestasi Utama. Bahan ajar yang dikembangkan berbentuk modul. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R & D) dirujuk pada model Borg & Gall yang dikemukakan oleh Wina Sanjaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validasi ahli materi meliputi kelayakan isi dengan rata-rata 86,02% pada kriteria sangat baik, kelayakan penyajian dengan rata-rata 92,30% pada kriteria sangat baik, dan penilaian bahasa dengan rata-rata 89,42% pada kriteria sangat baik, (2) validasi ahli desain dengan rata-rata 80,26% pada kriteria sangat baik, (3) respon guru dengan rata-rata 84,17% pada kriteria sangat baik, (4) uji coba perorangan dengan rata-rata 77,79% pada kriteria baik, (5) uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 80,32% pada kriteria sangat baik, dan (6) uji lapangan terbatas dengan rata-rata 73% pada kriteria sangat baik. Hasil belajar tes menulis teks berita siswa sebelum menggunakan modul sebesar 66,40, sedangkan hasil belajar tes menulis teks berita siswa sesudah menggunakan modul meningkat sebesar 77,96. Selisih yang diperoleh sebesar 11,56 dari sebelum ke sesudah menggunakan modul. Hal ini membuktikan bahwa bahan ajar menulis teks berita yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran berbasis kontekstual.
Penelitian ini memiliki implikasi yaitu siswa dapat lebih mudah mengembangkan ide berdasarkan lingkungan dalam kegiatan menulis teks berita.Guru-guru Bahasa Indonesia memberikan respon baik terhadap bahan ajar berbentuk modul yang dikembangkan, sehingga modul dapat digunakan sebagai bahan ajar di sekolah.Modul yang telah dikembangkan dapat menjadi masukan dan perbandingan dalam melaksanakan pembelajaran yang berorientasi pada pengembangan kurikulum khususnya kurikulum 2013 sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap tujuan lembaga maupun tujuan pendidikan nasional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 411 Ban p |
Keywords: | pengembangan, bahan ajar, teks berita |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P94 Interpersonal communication P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P99.5 Nonverbal communication |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Jan 2019 09:54 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 09:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31678 |