Silitonga, Meida (2018) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI DI SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166122013 COVER.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
2. NIM. 8166122013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
3. NIM. 8166122013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
4. NIM. 8166122013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
5. NIM. 8166122013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
6. NIM. 8166122013 TABLES.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
7. NIM. 8166122013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
11. NIM. 8166122013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
12. NIM. 8166122013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) hasil belajar geografi siswa
yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran CTL di luar kelas dan di dalam
kelas, (2) hasil belajar geografi siswa yang memiliki gaya kognitif independent
dan dependent (3) interaksi antara strategi pembelajaran dengan gaya kognitif
dalam mempengaruhi hasil belajar geografi siswa. Penelitian ini merupakan
penelitian kuasi eksperimen dengan melibatkan partisipan sebanyak 72 orang
kelas XI yang diambil secara acak klaster dari siswa SMAN 1 Sipahutar dan
SMAN 1 Pangaribuan. Angket gaya kognitif dari Wittkin digunakan untuk
menelusuri jenis gaya kognitif, dan Tes hasil belajar geografi dikembangkan dan
di ujicoba sebelumnya untuk menguji hasil belajar.
Data dianalisis dengan statistik desktiptif untuk menggambarkan keadaan
data. Persyaratan analisis dan uji hipotesis di uji dengan statistik inferensial.
Persyaratan analisis dengan Uji liliefors dan bartlett adalah terpenuhi. Uji
hipotesis melalui ANAVA 2 jalur menunjukkan hipotesis pertama diterima, hasil
belajar siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajarn CTL di luar kelas
berbeda dengan yang di dalam kelas secara signifikan (9,11> 3,98, ᾳ = 0,05).
Hipotesis kedua diterima, siswa yang mamiliki gaya kognitif Field Independent
memperoleh hasil belajar geografi yang berbeda dengan yang field dependent
secara signifikan(4,49 > 3,98, ᾳ = 0,05). Hipotesis ketiga diterima, terdapat
interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya kognitif mempengaruhi hasil
belajar geografi secara signifikan (24,73 > 3,98, ᾳ = 0,05).
Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran yang
tepat digunakan pada siswa yang memiliki gaya kognitif field independent adalah
strategi pembelajaran CTL di luar kelas sedangkan siswa yang memiliki gaya
kognitif field dependent strategi pembelajaran yang tepat digunakan adalah
strategi pembelajran CTL di dalam kelas. Implikasi dari penelitian ini secara
khusus ditujukan kepada guru geografi yaitu dalam penerapan strategi
pembelajaran meperhatikan karakteristik siswa khusunya karakteristik gaya
kognitif
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 370.6 Sil p |
Keywords: | Strategi Pembelajaran, Gaya Kognitif Dan Hasil Belajar |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LC Special aspects of education > LC1051 Professional education |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Jan 2019 10:08 |
Last Modified: | 17 Jan 2019 10:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31664 |