Habibah, Nur (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS NEGOSIASI BERBASIS PENGALAMAN SISWA KELAS X MAN 2 MODEL PADANGSIDIMPUAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156191030 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM 8156191030 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
3. NIM 8156191030 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
4. NIM 8156191030 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
5. NIM 8156191030 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. NIM 8156191030 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 8156191030 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 8156191030 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 8156191030 BAB I.pdf - Published Version
Download (369kB) | Preview
13. NIM 8156191030 BAB V.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
14. NIM 8156191030 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar menulis
teks negosiasi berbasis pegalaman dan mengetahui efektivitas produk hasil
pengembangan pada kelas X MAN 2 Model Padangsidimpuan. Penelitian ini
merupakan penelitian dan pengembangan. Bahan ajar dalam penelitian ini
dikembangkan dengan model pengembangan Borg & Gall yang dikemukakan
oleh Tegeh. Produk bahan ajar yang dihasilkan berupa modul. Hasil penelitian ini
adalah sebagai berikut. Produk yang dikembangkan telah layak digunakan
berdasarkan hasil validasi. Hasil validasi ahli materi untuk penilaian kelayakan isi
memiliki kriteria sangat baik dengan persentase 93,75%. Penilaian kelayakan
penyajian memiliki kriteria sangat baik dengan persentase 92,04%. Penilaian
aspek kebahasaan memiliki kriteria sangat baik dengan persentase 92,70%. Hasil
validasi ahli desain memiliki kriteria baik dengan persentase 84,16%. Penilaian
tanggapan guru terhadap produk memiliki kriteria sangat baik dengan persentase
87,25%. Penilaian tanggapan siswa terhadap produk pada uji coba perorangan (3
orang) memiliki kriteria baik dengan persentase 78,23%, uji coba kelompok kecil
(9 orang) memiliki kriteria baik dengan persentase 84,70% dan uji coba
lapanganm terbatas (20 orang) memiliki kritria sangat baik dengan persentase
91,32%. Efektivitas produk diperoleh melalui hasil belajar siswa dengan
persentase 80,31%. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa bahan ajar
hasil pengembangan telah layak dan efektif digunakan oleh siswa kelas X MAN 2
Model Padangsidimpuan pada pembelajaran menulis teks negosiasi. Implikasi
dari penelitian ini adalah modul menulis teks negosiasi berbasis pengalaman
membantu guru dan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran dan kompetensi
dasar yang ingin dicapai.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 441 Hab p |
Keywords: | pengembangan bahan ajar, teks negosiasi, berbasis pengalaman |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P121 Science of language (Linguistics) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Jan 2019 09:23 |
Last Modified: | 15 Jan 2019 09:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31657 |