BATUBARA, NURUL FADILAH (2018) PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK B DI TK IT HIKMATUL FADHILLAH T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 1141113025 NURUL FADILAH BATUBARA - 01 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
NIM 1141113025 NURUL FADILAH BATUBARA - 02 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (872kB) | Preview
NIM 1141113025 NURUL FADILAH BATUBARA - 03 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
NIM 1141113025 NURUL FADILAH BATUBARA - 04 PREFACE.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
NIM 1141113025 NURUL FADILAH BATUBARA - 05 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
NIM 1141113025 NURUL FADILAH BATUBARA - 06 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
NIM 1141113025 NURUL FADILAH BATUBARA - 07 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
NIM 1141113025 NURUL FADILAH BATUBARA - 08 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
NIM 1141113025 NURUL FADILAH BATUBARA - 09 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
NIM 1141113025 NURUL FADILAH BATUBARA - 13 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
NIM 1141113025 NURUL FADILAH BATUBARA - 14 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum berkembangnya
keterampilan sosial anak usia dini pada kelompok B di TK IT HIKMATUL
FADHILLAH. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan sosial
anak usia dini pada kelompok B di TK IT HIKMATUL FADHILLAH 2017/2018.
Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan bentuk posttest only control
desain.
Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random
sampling (dipilih secara acak) dengan memperhatikan karakteristik kelompok
sampel yaitu dari segi usia. Sampel yang diambil oleh peneliti adalah sampel unit,
yaitu seluruh anak yang berada kelompok Physicmotoric dan kelompok
Matematic dengan jumlah sampel tiap kelompok sebanyak 21 anak.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi. Data
dalam penelitian ini dianalisis dengan statistik deskriptif, dan statistik inferensial.
Statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini berupa
statistik nonparametrik yaitu uji beda dua kelompok sampel Kolmogrov-Smirnov.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata nilai keterampilan sosial anak
yang dibelajarkan dengan metode bermain peran makro = 2,29 dan berada pada
kategori BSB (Berkembang Sangat Baik). Sedangkan nilai rata-rata keterampilan
sosial anak yang dibelajarkan dengan metode bermain peran mikro = 1,93 dan
berada pada kategori BSH (Berkembang Sesuai Harapan), setelah dilakukan
pengujian diperoleh X2
hitung= 3,5322, sedangkan X2
tabel= 0,419. Maka hasil
pengujian menunjukkan bahwa X2
hitung > X2
tabel dengan taraf nyata
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PAUD 013 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 03 Jan 2019 10:43 |
Last Modified: | 25 Feb 2019 02:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31636 |