Sijabat, Sadarmantua (2009) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PENGAJARAN HIDROLISIS. Masters thesis, UNIMED.
071188410017_Cover.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
071188410017_Lembar Penegsahan.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
071188410017_Abstrak.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
071188410017_Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
071188410017_Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (552kB) | Preview
071188410017_Bab_I.pdf - Published Version
Download (778kB)
071188410017_Bab_V.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
071188410017_Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (943kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perbedaan prestasi belajar kimia siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan media komputer, model pembelajaran kooperatif tipe STAD tanpa menggunakan media komputer, dan pembelajaran konvensional, (2) perbedaan motivasi belajar siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan media komputer, model pembelajaran kooperatif tipe STAD tanpa menggunakan media komputer, dan pembelajaran konvensional, (3) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan media komputer, model pembelajaran kooperatif tipe STAD tanpa menggunakan media komputer, dan pembelajaran konvensional, (4) efektifitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan media komputer, model pembelajaran kooperatif tipe STAD tanpa menggunakan media komputer, pembelajaran konvensional.Metode penelitan yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen, dan pengambilan sampel secara kluster random sampling. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI-1A SMA Negeri 2 Pematangsiantar, siswa kelas XI-IA SMA Negeri 3 Pematangsiantar, dan siswa kelas XI-IA SMA Swasta Teladan Pematangsiantar. Sampel penelitian terdiri dari 9 kelas, dengan jumlah 270 siswa. 90 siswa pada kelompok eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan media komputer, 90 siswa pada kelompok eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD tanpa menggunakan media komputer, dan 90 siswa pada kelompok kontrol dengan pembelajaran konvensional. Teknik analisis data dilakukan dengan Uji ANOVA satu jalur dan Uji Regresi linier sederhana. Instrumen tes hasil belajar yang digunakan berjumlah 25 butir dengan tingkat reliabilitas tes 0,882.Hasil pengujian hipotesa menunjukkan bahwa: (1) prestasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan media komputer (g = 0,7332) lebih tinggi dad prestasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD tanpa menggunakan media komputer (g = 0,6753) dan prestasi belajar siswa dengan pembelajaran konvensional (g = 0,455), (2) motivasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan media komputer lebih tinggi (82,5222) dari motivasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD tanpa menggunakan media komputer (78,0556) dan motivasi belajar siswa dengan pembelajaran konvensional (74,5556), (3) rata-rata 61 % prestasi belajar siswa dipengaruhi motivasi belajar siswa, (4) efektifitas proses pembelajaran siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan media komputer (78,15 %) lebih tinggi dari efektifitas proses pembelajaran siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD tanpa menggunakan media komputer (70,80 %) dan efektifitas proses pembelajaran siswa dengan pembelajaran konvensional
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.393 071 Sij e |
Keywords: | prestasi belajar; pembelajaran kimia; motivasi; media komputer |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 02 Jan 2019 08:43 |
Last Modified: | 02 Jan 2019 08:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31633 |