EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PENGAJARAN HIDROLISIS.

Sijabat, Sadarmantua (2009) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PENGAJARAN HIDROLISIS. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 071188410017_Cover.pdf]
Preview
Text
071188410017_Cover.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[thumbnail of 071188410017_Lembar Penegsahan.pdf]
Preview
Text
071188410017_Lembar Penegsahan.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 071188410017_Abstrak.pdf]
Preview
Text
071188410017_Abstrak.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of 071188410017_Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
071188410017_Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[thumbnail of 071188410017_Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
071188410017_Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (552kB) | Preview
[thumbnail of 071188410017_Bab_I.pdf] Text
071188410017_Bab_I.pdf - Published Version

Download (778kB)
[thumbnail of 071188410017_Bab_V.pdf]
Preview
Text
071188410017_Bab_V.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[thumbnail of 071188410017_Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
071188410017_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (943kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perbedaan prestasi belajar kimia siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan media komputer, model pembelajaran kooperatif tipe STAD tanpa menggunakan media komputer, dan pembelajaran konvensional, (2) perbedaan motivasi belajar siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan media komputer, model pembelajaran kooperatif tipe STAD tanpa menggunakan media komputer, dan pembelajaran konvensional, (3) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan media komputer, model pembelajaran kooperatif tipe STAD tanpa menggunakan media komputer, dan pembelajaran konvensional, (4) efektifitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan media komputer, model pembelajaran kooperatif tipe STAD tanpa menggunakan media komputer, pembelajaran konvensional.Metode penelitan yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen, dan pengambilan sampel secara kluster random sampling. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI-1A SMA Negeri 2 Pematangsiantar, siswa kelas XI-IA SMA Negeri 3 Pematangsiantar, dan siswa kelas XI-IA SMA Swasta Teladan Pematangsiantar. Sampel penelitian terdiri dari 9 kelas, dengan jumlah 270 siswa. 90 siswa pada kelompok eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan media komputer, 90 siswa pada kelompok eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD tanpa menggunakan media komputer, dan 90 siswa pada kelompok kontrol dengan pembelajaran konvensional. Teknik analisis data dilakukan dengan Uji ANOVA satu jalur dan Uji Regresi linier sederhana. Instrumen tes hasil belajar yang digunakan berjumlah 25 butir dengan tingkat reliabilitas tes 0,882.Hasil pengujian hipotesa menunjukkan bahwa: (1) prestasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan media komputer (g = 0,7332) lebih tinggi dad prestasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD tanpa menggunakan media komputer (g = 0,6753) dan prestasi belajar siswa dengan pembelajaran konvensional (g = 0,455), (2) motivasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan media komputer lebih tinggi (82,5222) dari motivasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD tanpa menggunakan media komputer (78,0556) dan motivasi belajar siswa dengan pembelajaran konvensional (74,5556), (3) rata-rata 61 % prestasi belajar siswa dipengaruhi motivasi belajar siswa, (4) efektifitas proses pembelajaran siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan media komputer (78,15 %) lebih tinggi dari efektifitas proses pembelajaran siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD tanpa menggunakan media komputer (70,80 %) dan efektifitas proses pembelajaran siswa dengan pembelajaran konvensional

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 541.393 071 Sij e
Keywords: prestasi belajar; pembelajaran kimia; motivasi; media komputer
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 02 Jan 2019 08:43
Last Modified: 02 Jan 2019 08:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31633

Actions (login required)

View Item
View Item