AMELIA, TRI GITA (2018) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SYNDICATE GROUP TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK TUNAS PELITA BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7143342038 COVER.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
2. NIM. 7143342038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (782kB) | Preview
3. NIM. 7143342038 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM. 7143342038 PREFACE.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
5. NIM. 7143342038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
6. NIM. 7143342038 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 7143342038 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 7143342038 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (414kB) | Preview
13. NIM. 7143342038 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. NIM. 7143342038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK di SMK Tunas Pelita Binjai Tahun Pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Syndicate Group terhadap hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI AK di SMK Tunas Pelita Binjai Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Tunas Pelita Binjai. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AK di SMK Tunas Pelita Binjai Tahun Pembelajaran 2018/2019 yang berjumlah 61 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian adalah tes hasil belajar. Tes tersebut berupa pilihan berganda sebanyak 20 soal yang diambil dari buku paket akuntansi siswa sehingga sudah teruji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisa data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan Uji-t.
Hasil belajar di kelas eksperimen dengan nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu 62,692 dan 77,115. Sedangkan hasil belajar di kelas kontrol nilai rata-rata pre-test da post-testyaitu60,769 dan73,076.Pengujian hipotesis dari hasil post-test diperoleh thitung = 2,14 dan ttabel = 2,01. Dengan membandingkan kedua nilai tersebut maka disimpulkan thitung >ttabel yaitu 2,14>2,01. Melalui kriteria pengujian hipotesis dapat ditentukan jika thitung > ttabel maka hipotesis diterima.
Hasil penelitian dapatdisimpulkan metode pembelajaran Syndicate Group berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK di SMK Tunas Pelita Binjai Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 144 |
Keywords: | Syndicate Group; Konvensional; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 19 Dec 2018 14:15 |
Last Modified: | 22 Jul 2019 07:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31572 |