Ummah, Rahmatul (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENYUSUN RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAH (RPS) MELALUI SUPERVISI MANAJERIAL METODE MONITORING DAN EVALUASI DI SUB RAYON MTSN 3 KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136132044 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2. NIM. 8136132044 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
3. NIM. 8136132044 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
4. NIM. 8136132044 PREFACE.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
5. NIM. 8136132044 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
6. NIM. 8136132044 TABLE.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
7. NIM. 8136132044 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
8. NIM. 8136132044 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
9. NIM. 8136132044 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (527kB) | Preview
13. NIM. 8136132044 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
14. NIM. 8136132044 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian tindakan sekolah ini adalah: untuk mengetahui peningkatan kemampuan kepala sekolah dalam menyusun Rencana Pengembangan Sekolah (RPS) melalui supervisi manajerial metode monitoring dan evaluasi di Sub Rayon MTsN 3 Kota Medan. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah di Sub Rayon MTsN 3 Kota Medan berjumlah 5 orang kepala sekolah, yaitu kepala MTs Islamiyah Sunggal, kepala MTs AlAzhar, kepala MTs Hasanuddin, kepala MTs Muhammadiyah 01 dan kepala MTs Cendekia. Subjek ditentukan dengan cara purposive. Instrumen penelitian untuk meningkatkan kemampuan kepala sekolah dalam menyusun Rencana Pengembangan Sekolah (RPS) digunakan lembar observasi dengan jumlah butir sebanyak 14. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sekolah dengan dua siklus. Hasil penelitian adalah penilaian kemampuan kepala sekolah dalam menyusun Rencana Pengembangan Sekolah (RPS). Pada prasiklus, kemampuan kepala sekolah dalam menyusun Rencana Pengembangan Sekolah (RPS) masih rendah yaitu 45,00, setelah dilakukan tindakan pada siklus I terjadi peningkatan menjadi 67,50, tetapi belum memenuhi kriteria yang diharapkan, setelah dilakukan upaya perbaikan melalui supervisi manajerial metode monitoring dan evaluasi pada siklus II, maka terjadi peningkatan menjadi 86,07 dengan kategori baik. Pada siklus II seluruh responden (kepala sekolah) telah memenuhi kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu ≥80. Berdasarkan hasil penelitian tindakan pada siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa kemampuan kepala sekolah dalam menyusun Rencana Pengembangan Sekolah (RPS) dapat ditingkatkan melalui supervisi manajerial dengan metode monitoring dan evaluasi di Sub Rayon MTsN 3 Kota Medan. Penerapan supervisi manajerial melalui metode monitoring dan evaluasi dapat meningkatkan dan mengembangkan kemampuan kepala sekolah dalam penyusunan program perencanaan pengembangan sekolah di masa yang akan datang untuk meningkatkan kualitas sekolah yang dipimpinnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.5 Umm p |
Keywords: | Kemampuan Kepala Sekolah, Supervisi Manajerial, Monitoring dan Evaluasi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline L Education > LB Theory and practice of education > LB3602 School life. Student manners and customs L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Dec 2018 09:54 |
Last Modified: | 18 Dec 2018 09:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31564 |