Tambunan, Rosario Tambunan (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBANTUAN LANGKAH KERJA TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBUAT POLA KEMEJA PRIA PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 3 PEMATANG SIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5133141023 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM. 5133141023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (543kB) | Preview
3. NIM. 5133141023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
4. NIM. 5133141023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
5. NIM. 5133141023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM. 5133141023 TABLES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7. NIM. 5133141023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 5133141023 APPENDICE.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 5133141023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
13. NIM. 5133141023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
14. NIM. 5133141023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1) hasil membuat pola kemeja pria pada siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 3 Pematang Siantar yang diajarkan mengunakan model pembelajaran STAD berbantuan langkah kerja. 2) Hasil membuat pola kemeja pria pada siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 3 Pematang Siantar yang diajarkan dengan mengunakan model pembelajaran konvensional. 3) untuk mengetahuai pengaruh model pembelajaran STAD berbantuan langkah kerja terhadap hasil belajar membuat pola kemeja pria pada siswa kelas XI SMK Negeri 3 Pematang Siantar. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling yakni kelas XI TB 1 sebanyak 30 orang sebagai kelas kontrol dan kelas XI TB 4 sebanyak 30 orang sebagai kelas eksperimen. Untuk mengetahui validasi digunakan lembar pengamatan yang sudah teruji reliabilitas dan validitasnya. Pada kelas eksperimen diberikan pengajaran dengan menggunakan model pembelajaran STAD berbantuan langkah kerja, sedangkan kelas kontrol diberikan pengajaran mengunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menunjukkan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran STAD berbantuan langkah kerja kelas eksperimen yaitu cenderung baik (63%) dengan nilai rata-rata (M) 86,7, dengan nilai tertinggi 96, terendah 68, dan standar deviasi (SD) 6,3, sedangkan hasil belajar siswa yang diajarakan tanpa menggunkan model pembelajaran STAD berbantuan langkah kerja kelas kontrol cenderung rendah (87%) dengan nilai rata-rata (M) 52,2 nilai tertinggi 86, terendah 45 dan standar deviasi (SD) 10. Kesimpulan penelitian adalah terdapat pengaruh yang singnifikan dalam menerapkan model pembelajaran STAD berbantuan langkah kerja terhadap hasil belajar membuat pola kemeja pria pada siswa kelas XI SMK Negeri 3 Pematang Siantar dengan hasil perhitungan t_hitung>t_tabel = 6,92 > 1,67. Hal ini berarti model pembelajaran STAD berbantuan langkah kerja dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam membuat pola kemeja pria.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BSN 050 |
Keywords: | Pembelajaran STAD, Langkah Kerja, Pola Kemeja |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 13 Dec 2018 10:17 |
Last Modified: | 14 Feb 2019 03:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31526 |