SUKOCO, DIGDO (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) MENGGUNAKAN MEDIA PUZZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133331007 - COVER.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
2. NIM. 4133331007 - LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
3. NIM. 4133331007 - RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
4. NIM. 4133331007 - ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
5. NIM. 4133331007 - KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. NIM. 4133331007 - DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
7. NIM. 4133331007 - DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8. NIM. 4133331007 - DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
9. NIM. 4133331007 - DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
10. NIM. 4133331007 - BAB I.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
14. NIM. 4133331007 - BAB V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
15. NIM. 4133331007 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kimia siswa dengan menerapkan Model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan media
Puzzle pada pokok bahasan Sistem Koloid. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Labuhan Deli yang terdiri dari enam kelas. Sampel yang digunakan pada penelitian ini diambil dengan purposive sampling. Sampel terdiri dari dua kelas dimana kelas XI IPA-3 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Students Teams Achiement Division (STAD) dengan Puzzle dan kelas IPA-2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode ceramah dengan Puzzle. Masing-masing kelas sampel berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal (yang telah divalidkan) dengan pilihan jawaban 5 option. Pada kedua kelas dilakukan pre-test serta setelah selesai pengajaran dilakukan post-test.
Dari hasil penelitian, untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 35,0 dan postest adalah 89,5. Sedangkan nilai rata-rata pretest untuk kelas kontrol adalah 34,8 dan postest adalah 87,8. Data yang diperoleh dengan analisis uji t satu pihak.
Hasil uji hipotesis menunjukkan thitung > ttabel (43,47 > 1,6723), berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan perlakuan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Students Teams Achiement Division (STAD) dengan Puzzle lebih tinggi daripada hasil belajar yang
diajarkan dengan metode ceramah dengan Puzzle. Rata-rata gain hasil belajar siswa kelas eksperimen 0,841 dan kelas kontrol 0,821.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 KIM 181 |
Keywords: | Hasil belajar ; Puzzle; Sistem Koloid; STAD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 13 Dec 2018 09:46 |
Last Modified: | 03 Jan 2019 02:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31524 |