Kholidi, Muhammad (2011) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF. Masters thesis, UNIMED.
1500081188730021 Abstrak.pdf - Published Version
Download (408kB) | Preview
1500081188730021 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (693kB) | Preview
1500081188730021 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (866kB) | Preview
1500081188730021 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
1500081188730021 Bab V.pdf - Published Version
Download (842kB) | Preview
1500081188730021 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (518kB) | Preview
Abstract
Penelitian mi bertujuan untuk mengungkapkan secara empirik tentang (1) perbedaan peningkatan kemampuan koneksi dan pemecahan masalah matematika antara pendekatan pembelajaran kooperatif (PPK) dan pendekatan pembelajaran konvensional (PPKon), (2) perbedaan peningkatan kemampuan koneksi dan pemecahan masalah matematika antara PPK dan PPKon berdasarkan kemampuanmatematika siswa (tinggi, sedang, dan rendah), (3) analisis pola jawaban siswa antara PPK dan PPKon. Penelitian liii merupakan penelitian eksperimen yang difokuskan pada penguasaan konsep, aktivitas belajar siswa terhadap PPK dalam upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.Populasi penelitian mi adalah di Kota Tanjungbalai. Secara acak,dipilih satu sekolah sebagai Kemudian secara acak dipilih empatkelas dan beberapa kelas dengan ketentuan dua kelas untuk kelas ekspenimen dan dua . Instrumen yang digunakan terdfri dan: tes kemampuan les kemampuan pemecahan masalah matematika dan lembar tersebut dinyatakan tela.h memenuhi syarat validitas serta koefisien ilitas sebesar 0,4359 dan 0,6306 berturut tuna koneksi matematika dan pemecahan masalah matematika. data dilakukan dengan Uji t analisis vanians dua jalur(ANAVA). dan mi adalah (1) signifikan terdapatperbedaan PPK dan peningkatan koneksi maupunpemecahan •ka iai F=1 7 dan F- value = 0.00 untukkemamninti F=19.. “- -e = 0.00 untukkemampuan g F- value < a =0.05, (2) PPK dan PPKon terhadap koneksi clan berdasarkan- siswa U sdang, dan rendah) nilai F= 9.629 dan F- value = untuk 17.946 dan F- value = 0.00 untuk kemampuan aengan F- value < a = 0.05, (3) Hasil analisis diperoleh 69,67ranah koneksi matematika, PPK, mampu mengaplikasikanhanya 58,73%. Terlihat pencapaian koneksi antar topik matematika yang yaitu 4,3 (86%), sedangkan hasil terendah yaitu 1,5(29%) pada koneksi matematika dengan kehidupan nyata di kelaseksperimen, dan di kelas kontrol pencapaian koneksi antar topik matematika yang tertinggi yaitu 3,85 (72%), sed.angkan hasH terendah yaitu 0,58 (11,7%) pad-a koneksi matematika dengan kehidupan nyata. Hasil analisis pada PPK diperoleh 77,22% siswa yang memahami masalah (MM) adalah hasil tertinggi, 69,29% siswa mampu merencanakan penyelesaian(MP), 65,8% siswa mampu menyelesaikan masalah (SM), dan 51,8% siswa mclihat kembali pekcrjaannya(MK) adalah hasil terendah.Sedangkan kelompok PPKon, hanya 70,88% MM ( hasil tertinggi), 57,26% MP,50,74% SM, dan 41,2% MK (hasil terendah). Berdasarkan hasil penelitian ml dapatdisimpuilcan bahwa PPK merupakan pendekatan yang tepat, dalam upayameningkatkan kemampuan koneksi dan pemecahan masalah matematika siswa
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Kho u |
Keywords: | Pemecahan Masalah, Matematika; Kooperatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 09 Jun 2016 03:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3152 |