SINAGA, DOSH PERES RAYADI (2018) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI DALAM BERSOSIALISASI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 17 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133351061_COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 1133351061_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
3. NIM. 1133351061_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 1133351061_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. NIM. 1133351061_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. NIM. 1133351061_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 1133351061_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1133351061_BAB I.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
12. NIM. 1133351061_BAB V.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
13. NIM. 1133351061_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh layanan
bimbingan kelompok teknik sosiodrama terhadap kepercayaan diri dalam
bersosialisasi pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 17 Medan T.A 2017/2018.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari s/d Maret 2018. Jenis penelitian ini
adalah quasi experiment dengan nonequivalent control group design. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-3 dan VIII-4. Sampel diambil
dengan menggunakan teknik purposive sampling, sebanyak 17 orang yang berasal
dari kelas VIII-3 dan VIII-4. Data penelitian ini dikumpulkan dengan
menggunakan angket kepercayaan diri dalam bersosialisasi siswa berjumlah 42
item pernyataan yang telah valid dan reliabel. Kemudian data dianalisis
menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat apakah ada pengaruh signifikan
pemberian bimbingan kelompok teknik sosiodrama terhadap kepercayaan diri
dalam bersosialisasi pada siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji Wilcoxon yang
menunjukkan bahwa pada uji jenjang wilcoxon diperoleh hasil perhitungan
dengan skor test awal (pre-test) pada kelompok eksperimen diperoleh rata-rata
skor 115,4 sedangkan skor (post-test) diperoleh rata-rata 146,6, sedangkan tes
awal (pre-test) pada kelompok kontrol diperoleh skor rata-rata 97 dan test akhir
(post-test) diperoleh skor rata-rata 100,42. Artinya, skor rata-rata siswa setelah
mendapat layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama lebih tinggi daripada
sebelum mendapat layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama. Layanan
bimbingan kelompok teknik sosiodrama memberikan kontribusi sebesar 27%
terhadap kepercayaan diri dalam bersosialisasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri
17 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BK 020 |
Keywords: | BIMBINGAN KELOMPOK; SOSIODRAMA; PERCAYA DIRI |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 12 Dec 2018 11:40 |
Last Modified: | 27 Dec 2018 05:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31512 |