RAFIQAH, ULFA (2018) PENGARUH MENDONGENG TERHADAP EMPATI ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD AL-HUDA KEC. WAMPU KAB. LANGKAT T.A.2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 1141113032 ULFA RAFIQAH - 01 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
NIM 1141113032 ULFA RAFIQAH - 02 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (880kB) | Preview
NIM 1141113032 ULFA RAFIQAH - 03 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
NIM 1141113032 ULFA RAFIQAH - 04 PREFACE.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
NIM 1141113032 ULFA RAFIQAH - 05 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
NIM 1141113032 ULFA RAFIQAH - 06 TABLES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
NIM 1141113032 ULFA RAFIQAH - 07 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
NIM 1141113032 ULFA RAFIQAH - 08 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
NIM 1141113032 ULFA RAFIQAH - 09 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
NIM 1141113032 ULFA RAFIQAH - 13 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
NIM 1141113032 ULFA RAFIQAH - 14 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (0B)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya empati anak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mendongeng terhadap empati
anak usia 4-5 tahun di PAUD Al-Huda T.A.2017/2018.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan bentuk posttest-only control
design. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua kelas yang memiliki
karakteristik yang sama yaitu kelas A1 dan kelas A2. Penentuan sampel kelas
dilakukan secara acak (random) dengan jumlah sampel tiap kelas sebanyak 15
anak. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah mendongeng, sedangkan variabel
terikat dalam penelitian ini adalah empati anak. Instrument pengumpulan data
yaitu panduan observasi. Analisis data menggunakan uji-t dan observasi dilakukan
dengan panduan observasi yang telah disediakan, dengan taraf nyata σ = 0,05.
Berdasarkan hasil analisis data di atas diperoleh rata-rata nilai pada kelas
eksperimen 7,73 dengan nilai tertingi 9 dan nilai terendah 6, sehingga
pengembangan empati pada kelas eksperimen memperoleh perbedaan yang
signifikan. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol 6,46 dengan nilai tertinggi 8
dan nilai terendah 5, sehingga pengembangan empati anak kelas kontrol
memperoleh perbedaan yang signifikan.
Berdasarkan hasil tersebut hipotesis yang menyatakan bahwa thitung (3,522)
> ttabel (1,701) pada taraf nyata σ = 0,05. Dengan demikian mendongeng
berpengaruh secara signifikan terhadap empati anak usia 4-5 tahun di PAUD Al-
Huda KecamatanWampu Kabupaten Langkat T.A.2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PAUD 014 |
Keywords: | empati anak, medongeng |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 12 Dec 2018 11:36 |
Last Modified: | 12 Dec 2018 06:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31510 |