Simatupang, Rosi (2011) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI BIOLOGI SMA NEGERI 17 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1500081188910028 Abstrak.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
1500081188910028 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
1500081188910028 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
1500081188910028 Bab I.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
1500081188910028 Bab V.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
1500081188910028 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui kemampuan berpikirtingkat tinggi siswa SMA Negeri 17 Medan yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaranberbasis masalah lebih tinggi jika dibandingkan dengan strategi pembelajaran konvensional;(2) Untuk mengetahui sikap ilmiah siswa SMA Negeri 17 Medan yang dibelajarkan denganstrategi pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi jika dibandingkan dengan strategipembelajaran konvensional; (3) Untuk mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi siswaSMA Negeri 17 Medan yang memiliki motivasi berprestasi tinggi lebih tinggi daripada siswaSMA Negeri 17 Medan yang memiliki motivasi berprestasi rendah; (4) Untuk mengetahuisikap ilmiah siswa SMA Negeri 17 Medan yang memiliki motivasi berprestasi tinggi lebihtinggi daripada siswa SMA Negeri 17 Medan yang memiliki motivasi berprestasi rendah; (5)pengaruh interaksi strategi pembelajaran berbasis masalah dan motivasi berprestasi terhadapkemampuan berpikir tingkat tinggi siswa di SMA Negeri 17 Medan; (6) pengaruh interaksistrategi pembelajaran berbasis masalah dan motivasi berprestasi terhadap sikap ilmiah siswadi SMA Negeri 17 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 17 Medan. Populasipenelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 17 Medan sebanyak 185 orang.Sampel penelitian ini diambil dengan teknik cluster random samplig dan selanjutnya melaluipengundian maka kelas XI IPA-4 yang berjumlah 37 orang terpilih sebagai kelas yang diberiperlakuan dengan pembelajaran Berbasis Masalah dan kelas XI IPA-2 yang berjumlah 38orang terpilih sebagai kelas yang diberi perlakuan dengan pembelajaran konvensional. Datasikap ilmiah dan kemampuan berpikir tingkat tinggi dikumpulkan menggunakan tes.Instrumen motivasi berprestasi digunakan setelah divalidasi oleh validator dan uji cobainstrumen. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan uji ANAVA dilanjutkan denganuji Scheffe. Hasil ini menunjukkan (1) kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMA Negeri17 Medan yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis masalah lebih tinggidaripada siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran konvensional (F= 21,467,P=0,000); (2) sikap ilmiah siswa SMA Negeri 17 Medan yang dibelajarkan dengan strategipembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan strategipembelajaran konvensional (F= 9,301, P=0,003); (3) kemampuan berpikir tingkat tinggi siswaSMA Negeri 17 Medan yang memiliki motivasi berprestasi tinggi lebih baik daripada siswaSMA Negeri 17 Medan yang memiliki motivasi berprestasi rendah (F=16,779, P= 0,000); (4)sikap ilmiah siswa SMA Negeri 17 Medan yang memiliki motivasi berprestasi tinggi lebihbaik daripada siswa SMA Negeri 17 Medan yang memiliki motivasi berprestasi rendah(F=20,571, P= 0,000); (5) terdapat pengaruh interaksi strategi pembelajaran berbasis masalahdan motivasi berprestasi terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMA Negeri 17Medan (F=8,622, P41,004); (6) terdapat pengaruh interaksi strategi pembelajaran berbasismasalah dan motivasi berprestasi terhadap sikap ilmiah siswa SMA Negeri 17 Medan(F=4,987, II=0,029).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 574.071 Sim p |
Keywords: | Strategi Pembelajaran; Motivasi Berprestasi; Kemampuan Berfikir |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 09 Jun 2016 03:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3151 |