Vera, Ana (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) DI KELAS IV SD NEGERI 101797 DELI TUA T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143111005_COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2. NIM. 1143111005_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
3. NIM. 1143111005_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 1143111005_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
5. NIM. 1143111005_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
6. NIM. 1143111005_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1143111005_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
8. NIM. 1143111005_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
9. NIM. 1143111005_BAB I.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
13. NIM. 1143111005_BAB V.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
14. NIM. 1143111005_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada
mata pelajaran IPS dikelas IV. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan
hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan metode
pembelajaran Inside-Outside Circle (IOC)
Penelitian ini menggunakan desain PTK (penelitian Tindakan Kelas).
Subjek dalam penelitian siswa kelas IV SD Negeri 101797 Deli Tua tahun ajaran
2017/2018 yang berjumlah 24 orang siswa terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan
13 orang siswa perempuan. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama 2 siklus
dimana setiap siklus dua kali pertemuan. Jadi, dalam 2 siklus ada 4 kali
pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan,
observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu tes hasil
belajar siswa dan lembar observasi.
Berdasarkan hasil pretest (tes awal) yang berjumlah 24 orang siswa masih
banyak siswa yang memiliki hasil belajar dibawah KKM yaitu dibawah 63. Dari
24 orang siswa terdapat 5 orang siswa yang tuntas dengan persentase 20,8% dan
19 orang siswa yang tidak tuntas dengan persentase 79,2% dengan nilai rata-rata
47,3 sehingga secara individual maupun secara klasikal kemampuan awal (pretest)
siswa masih tergolong rendah. Dari perolehan hasil pretest tersebut peneliti
menindaklanjuti dan melanjutkan ke post test pada siklus I. Dengan menggunakan
metode pembelajaran inside outside circle (IOC) pada siklus I nilai siswa mulai
meningkat. Dari 24 orang siswa terdapat 13 orang siswa yang tuntas dengan
persentase 54% dan 11 orang siswa tidak tuntas dengan persentase 46% dengan
nilai rata-rata 69. Namun berdasarkan kriteria penentuan tingkat keberhasilan
dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa pada siklus I berdasarkan tingkat
keberhasilan secara klasikal masih tergolong belum berhasil sehingga peneliti
melanjutkan ke post test pada siklus II. Pada post test siklus II dari 24 orang siswa
terdapat 22 orang siswa yang tuntas dengan persentase 91,7% dan 2 orang siswa
yang tidak tuntas dengan persentase 8,3% dengan nilai rata-rata 79,8.
Dari perolehan hasil analisis data diatas dapat disimpulkan bahwa dengan
menggunakan metode pembelajaran Inside-Outside Circle (IOC) dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada materi koperasi dan kesejahteraan rakyat
pada mata pelajaran IPS Di Kelas IV SD Negeri 101797 Deli Tua tahun ajaran
2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 104 |
Keywords: | Hasil Belajar;IOC |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 12 Dec 2018 11:35 |
Last Modified: | 12 Dec 2018 04:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31508 |