Maulida, Muna (2018) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA LOKAL DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN BINGO DALAM PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA JERMAN SISWA KELAS X SMAN 1 LANGSA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156122022 COVER.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
2. NIM. 8156122022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (552kB) | Preview
3. NIM. 8156122022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
4. NIM. 8156122022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5. NIM. 8156122022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
6. NIM. 8156122022 TABLES.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
7. NIM. 8156122022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 8156122022 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 8156122022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (504kB) | Preview
13. NIM. 8156122022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
14. NIM. 8156122022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan model pembelajaran yang layak digunakan, mudah dipelajari dan dapat dipakai untuk pembelajaran individual, (2) untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran yang dikembangkan pada mata pelajaran Bahasa Jerman berbasis budaya lokal. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg and Gall yang dipadu dengan model desain pembelajaran Dick and Carey. Metode penelitian terdiri dari dua tahapan, tahap I mengembangkan bahan ajar dan uji coba, dan tahap II uji efektifitas produk.
Penelitian dilakukan pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Langsa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksprimen. Sampel penelitian sebanyak 58 orang siswa yang terdiri dari 30 orang siswa sebagai kelas eksprimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis budaya lokal dan 28 orang siswa lain sebagai kelas kontrol yang tanpa menggunakan /model pembelajaran berbasis budaya lokal sebagaimana yang berlangsung selama ini dalam proses pembelajaran.
Hasil penelitian uji hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis budaya lokal dengan permainan bingo dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran berbasis budaya lokal. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data diperoleh thitung = 3,42 > ttabel = 1,87, dengan dk = (n1+n2-2) pada taraf signifikan α = 0,05. Disimpulkan efektifitas penggunaan model pembelajaran berbasis budaya lokal dengan permainan bingo sebesar 23,01% sedangkan buku teks sebesar 17,89%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.36 Mau p |
Keywords: | Budaya Lokal, Permainan Bingo, Kosa Kata |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PD Germanic languages |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Dec 2018 10:25 |
Last Modified: | 07 Dec 2018 10:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31471 |