HASIBUAN, IDA KHAIRANI (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DENGAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI EKSPONEN DIKELAS X SMA AL- WASHLIYAH 3 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4141111017 COVER.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
2. NIM 4141111017 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (416kB) | Preview
3. NIM 4141111017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
4. NIM 4141111017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (592kB) | Preview
5. NIM 4141111017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
6. NIM 4141111017 TABLE.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
7. NIM 4141111017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
8. NIM 4141111017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM 4141111017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
13. NIM 4141111017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (502kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe TPS dengan Discovery Learning terhadap hasil belajar pada materi eksponen di kelas X SMA Al-Washliyah 3 Medan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Al-Washliyah 3 Medan yang terbagi dalam 5 kelas dan yang menjadi sampel penelitian adalah 2 kelas yang dipilih secara acak yaitu kelas X-IPA1 menjadi kelas eksperimen A dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe TPS dan kelas X-IPA2 menjadi kelas eksperimen B dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas data dengan menggunakan uji Liliefors dan homogenitas data menggunakan uji F. Setelah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen A diperoleh nilai rata- rata posttest adalah 75,66 sedangkan pada kelas eksperimen B nilai rata- rata posttest adalah 80,37. Setelah terbukti data berdistribusi normal dan homogen.setelah data terbukti berdistribusi normal dan homogen dilakukan uji hipotesis untuk menjawab hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t dua arah. Dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung (1,92779) > ttabel (1,6723) maka Ha diterima yaitu terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe TPS dengan Discovery Learning. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe TPS dengan Discovery Learning terhadap hasil belajar pada materi eksponen di kelas X SMA Al-Washliyah 3 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 208 |
Keywords: | PENALARAN MATEMATIS, TPS, DISCOVERI LEARNING |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 06 Dec 2018 09:26 |
Last Modified: | 13 Feb 2019 03:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31436 |