PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DENGAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI EKSPONEN DIKELAS X SMA AL- WASHLIYAH 3 MEDAN

HASIBUAN, IDA KHAIRANI (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DENGAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI EKSPONEN DIKELAS X SMA AL- WASHLIYAH 3 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4141111017 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4141111017 COVER.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4141111017 PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4141111017 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (416kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4141111017 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4141111017 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4141111017 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4141111017 PREFACE.pdf - Published Version

Download (592kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4141111017 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4141111017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4141111017 TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4141111017 TABLE.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4141111017 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4141111017 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4141111017 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4141111017 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 4141111017 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 4141111017 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4141111017 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4141111017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (502kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe TPS dengan Discovery Learning terhadap hasil belajar pada materi eksponen di kelas X SMA Al-Washliyah 3 Medan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Al-Washliyah 3 Medan yang terbagi dalam 5 kelas dan yang menjadi sampel penelitian adalah 2 kelas yang dipilih secara acak yaitu kelas X-IPA1 menjadi kelas eksperimen A dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe TPS dan kelas X-IPA2 menjadi kelas eksperimen B dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas data dengan menggunakan uji Liliefors dan homogenitas data menggunakan uji F. Setelah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen A diperoleh nilai rata- rata posttest adalah 75,66 sedangkan pada kelas eksperimen B nilai rata- rata posttest adalah 80,37. Setelah terbukti data berdistribusi normal dan homogen.setelah data terbukti berdistribusi normal dan homogen dilakukan uji hipotesis untuk menjawab hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t dua arah. Dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung (1,92779) > ttabel (1,6723) maka Ha diterima yaitu terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe TPS dengan Discovery Learning. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe TPS dengan Discovery Learning terhadap hasil belajar pada materi eksponen di kelas X SMA Al-Washliyah 3 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 MAT 208
Keywords: PENALARAN MATEMATIS, TPS, DISCOVERI LEARNING
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 06 Dec 2018 09:26
Last Modified: 13 Feb 2019 03:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31436

Actions (login required)

View Item
View Item