PUTRA, RAMADANSYAH (2018) HUBUNGAN PEMAHAMAN DIRI DENGAN PERSEPSI KARIR SISWA DI KELAS X SMA NEGERI 17 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133151036_COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 1133151036_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
3. NIM. 1133151036_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 1133151036_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
5. NIM. 1133151036_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. NIM. 1133151036_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
7. NIM. 1133151036_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1133151036_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1133151036_BAB I.pdf - Published Version
Download (456kB) | Preview
13. NIM. 1133151036_BAB V.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
14. NIM. 1133151036_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian : (1) Melihat gambaran pemahaman diri dan persepsi
karir siswa ditinjau secara umum, jenis kelamin, dan jurursan. (2) Mengetahui
hubungan antara pemahaman diri dengan persepsi karir siswa. Jenis penelitian
ini adalah penelitian Expost-Facto atau pengukuran sesudah kejadian dengan
metode deskriptif korelasi. Sampel dalam penelitian ini adalah 74 siswa/i di kelas
X. Pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling atau metode
undian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
menyebarkan angket kemudian dianalisis dengan metode analisis deskriptif, uji
kecenderungan data, uji korelasi, uji hipotesis dan analisis statistik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Secara umum pada kategori
ST untuk pemahaman diri sebanyak 8 siswa (10,81%) sedangkan, persepsi karir
28 siswa (37,83%). Selanjutnya, kategori T untuk pemahaman diri 47 siswa
(63,51%) sedangkan, persepsi karir 40 siswa (54,01%). Pemahaman diri pada
kategori S sebanyak 19 siswa (25,67%) sedangkan, persepsi karir 6 siswa
(8,10%). (2) Pemahaman diri berdasarkan jenis kelamin kategori ST laki-laki
sebanyak 5 orang (19,23%) sedangkan, perempuan 3 orang (6,25%). Selanjutnya,
kategori T laki-laki 15 orang (57,68%) sedangkan, perempuan 32 orang (66,66%).
Katerogi S laki-laki 6 orang (23,07%) sedangkan, perempuan 13 orang (27,08%).
(3) Persepsi karir berdasarkan jenis kelamin kategori ST laki-laki sebanyak 5
orang (19,23%) sedangkan, perempuan 23 orang (47,91%). Selanjutnya, pada
kategori T laki-laki 18 orang (69,23%) sedangkan, perempuan 22 orang (45,83%).
Pada kategori S laki-laki 3 orang (11,53%) sedangkan, perempuan 3 orang
(6,25%). (4) Pemahaman diri berdasarkan jurusan kategori ST MIA sebanyak 3
siswa (6,52%) sedangkan, IS 5 siswa (17,86%). Selanjutnya, pada kategori T MIA
30 siswa (65,22%) sedangkan, IS 17 siswa (60,71%). Pada katerogi S MIA
sebanyak 13 siswa (28,26%) sedangkan, IS 6 siswa (21,43%). (5) Persepsi karir
berdasarkan jurusan kategori ST MIA sebanyak 17 siswa (36,96%) sedangkan, IS
11 siswa (39,29%). Selanjutnya, pada kategori T MIA 25 siswa (54,34%)
sedangkan, IS 15 siswa (53,57%). Pada kategori S MIA 4 siswa (8,70%)
sedangkan, IS 2 siswa (7,14%). (6) Dari analisis data telah terbukti bahwa terdapat
hubungan yang signifikan antara pemahaman diri dengan persepsi karir siswa, hal
ini ditunjukkan dengan perhitungan korelasi yang diperoleh rhitung = 0,48 dan rtabel
dengan taraf signifikansi 0,05 adalah 0,235 maka rhitung > rtabel (0,48 > 0,235) dan
besaran kontribusi variabel pemahaman diri terhadap persepsi karir sebesar 23%.
Kemudian untuk menguji keberartian dari hubungan antara pemahaman diri
dengan persepsi karir siswa makan dilakukan juga uji-t yang mana dari hasil
hitung data diperoleh thitung > ttabel (3,95 > 2,00). Dengan demikian nilai thitung lebih
besar dari nilai ttabel, maka hipotesis menyatakan terdapat hubungan yang
signifikan sehingga Ha diterima dan H0 ditolak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BK 018 |
Keywords: | Pemahaman Diri, Persepsi Karir |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 05 Dec 2018 10:34 |
Last Modified: | 27 Dec 2018 05:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31422 |