PENGEMBANGAN BUKU AJAR MIKROBIOLOGI BERBASIS LITERASI SAINS PADA MAHASISWA JURUSAN BIOLOGI FMIPA UNIMED

IRMAYATI (2018) PENGEMBANGAN BUKU AJAR MIKROBIOLOGI BERBASIS LITERASI SAINS PADA MAHASISWA JURUSAN BIOLOGI FMIPA UNIMED. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 NIM. 8156174022 COVER.pdf]
Preview
Text
1 NIM. 8156174022 COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 2 NIM. 8156174022 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2 NIM. 8156174022 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (376kB) | Preview
[thumbnail of 3 NIM. 8156174022 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3 NIM. 8156174022 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of 4 NIM. 8156174022 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4 NIM. 8156174022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 5 NIM. 8156174022 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5 NIM. 8156174022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 6 NIM. 8156174022 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6 NIM. 8156174022 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 7 NIM. 8156174022 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7 NIM. 8156174022 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8 NIM. 8156174022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8 NIM. 8156174022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 9 NIM. 8156174022 BAB I.pdf]
Preview
Text
9 NIM. 8156174022 BAB I.pdf - Published Version

Download (357kB) | Preview
[thumbnail of 10 NIM. 8156174022 BAB II.pdf]
Preview
Text
10 NIM. 8156174022 BAB II.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13 NIM. 8156174022 BAB V.pdf]
Preview
Text
13 NIM. 8156174022 BAB V.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM. 8156174022 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14 NIM. 8156174022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (362kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Tingkat Kelayakan Buku
Ajar Mikrobiologi Berbasis Literasi Sains Menurut Ahli Materi; (2) Tingkat
Kelayakan Buku Ajar Mikrobiologi Berbasis Literasi Sains Menurut Ahli Desain;
(3) Tingkat Kelayakan Buku Ajar Mikrobiologi Berbasis Literasi Sains Menurut
Dosen Pengampu; (4) Tingkat Kelayakan Buku Ajar Mikrobiologi Berbasis
Literasi Sains Menurut mahasiswa; (5) Tingkat kelayakan buku ajar mikrobiologi
berbasis literasi sains digunakan dalam proses pembelajaran mata kuliah
mikrobiologi. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model
pengembangan Borg dan Gall, yang dimodifikasi sesuai kebutuhan penelitian.
Model ini meliputi enam tahapan, yaitu; (1) Penelitian pendahuluan; (2)
Perencanaan produk; (3) Pengumpulan bahan; (4) Pengembangan produk awal;
(5) Validasi produk dan (6) Revisi dan Uji coba. Subjek Uji coba terdiri dari tim
ahli materi, ahli desain, 2 orang dosen pengampu matakuliah Mikrobiologi, 3
mahasiswa pendidikan biologi Unimed pada uji perorangan, 9 mahasiswa pada
kelompok kecil dan 40 orang mahasiswa pada uji kelompok lapangan terbatas.
Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket,
kemudian data dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil
penelitian pengembangan buku ajar Mikrobiologi berbasis literasi sains
menunjukkan bahwa; (1) Tingkat kelayakan Buku Ajar Mikrobiologi menurut ahli
materi berada pada kriteria “sangat baik” (84,48%); (2) Tingkat kelayakan Buku
Ajar Mikrobiologi Dasar menurut ahli desain berada pada kriteria “sangat baik”
(86%); (3) Tingkat kelayakan Buku Ajar Mikrobiologi Dasar menurut dosen
pengampu matakuliah Mikrobiologi berada pada kriteria “sangat baik” (89,13%);
(4) Tingkat kelayakan Buku Ajar Mikrobiologi menurut mahasiswa pada kriteria
“sangat baik” (82,12%), sehingga dapat disimpulkan bahwa produk penelitian
pengembangan buku ajar Mikrobiologi berbasis literasi sains yang dikembangkan
layak untuk digunakan sebagai bahan ajar tambahan mahasiswa atau sebagai
penunjang pembelajaran pada matakuliah Mikrobiologi. Mengingat penelitian ini
hanya dilakukan sampai uji coba lapangan terbatas, maka untuk mengetahui
kefektifannya terhadap buku ajar perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: Mikrobiologi;Literasi Sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 05 Dec 2018 10:21
Last Modified: 27 Dec 2018 05:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31417

Actions (login required)

View Item
View Item