Herianto (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN SISWA KELAS X TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5132111006 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM. 5132111006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (526kB) | Preview
3. NIM. 5132111006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
4. NIM. 5132111006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
5. NIM. 5132111006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
6. NIM. 5132111006 TABLES.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
7. NIM. 5132111006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 5132111006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
9. NIM. 5132111006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (493kB) | Preview
13. NIM. 5132111006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM. 5132111006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar Konstruksi Bangunan siswa SMK Negeri 1 percut sei tuan Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X jurusan teknik gambar bangunan yang terdiri dari kelas TGB 1 dan TGB 2 yang berjumlah 60 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik total sampling, dimana keseluruhan populasi dijadikan sampel. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah objektif tes berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 25 soal dengan 4 opsi jawaban. Hasil analisis data setelah diberikan perlakuan dengan masing-masing model pembelajaran menunjukkan bahwa kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah memperoleh nilai rata-rata sebesar 84,80, dan standar deviasi sebesar 5,82. Sedangkan kelas yang diajarkan dengan model konvensional memperoleh nilai rata-rata sebesar 72,07 dan standar deviasi sebesar 3,74. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik uji-t Dari perhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 3,89 dan ttabel sebesar 1,68. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (3,89 > 1,68) maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. dan minat belajar siswa dengan model konvensional memiliki rata-rata 61,63 dan pembelajaran berbasis masalah 83,61 mengalami peningkatan 26,28% Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran berbasis masalah terhadap minat dan hasil belajar Konstruksi Bangunan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BAN 022 |
Keywords: | PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH, MODEL KONVENSIONAL, MINAT BELAJAR, HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 05 Dec 2018 10:19 |
Last Modified: | 27 Dec 2018 04:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31414 |