ARINI, NURUL (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI MTS NEGERI 2 MEDAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4143111038 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 4143111038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
3. NIM. 4143111038 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4. NIM. 4143111038 PREFACE.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
5. NIM. 4143111038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM. 4143111038 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 4143111038 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 4143111038 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
13. NIM. 4143111038 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
14. NIM. 4143111038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif
matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran Inkuiri. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 MTs Negeri 2 Medan yang berjumlah
47 orang. Objek penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir
kreatif matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran Inkuiri pada
materi pokok relasi dan fungsi. Hasil analisis data yang diberikan kepada 47
orang siswa pada kemampuan berpikir kreatif awal siswa, yaitu 5 orang siswa
atau 10,6% yang telah mencapai ketuntasan, 42 orang siswa atau 89,4% belum
tutas. Setelah itu dari hasil analisis data setelah pemberian tindakan siklus I
diperoleh 18 siswa atau 38,9% dari 47 siswa telah mencapai ketuntasan
kemampuan berpikir kreatif matematika siswa dan 29 siswa lainnya atau 61,7%
belum tuntas dengan nilai rata-rata kelas 61,71. Setelah tes kemampuan berpikir
kreatif siklus II dilakukan barulah tercapai ketuntasan klasikal dan mengalami
peningkatan ketuntasan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa sebesar
51,06% atau 24 orang siswa dari siklus I. Dari hasil tes kemampuan berpikir
kreatif matematika II diperoleh 42 siswa atau 89,36% dari 47 siswa telah
mencapai ketuntasan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa dengan
nilai rata-rata kelas 75,17. Adapun upaya-upaya yang dilakukan untuk
meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa adalah: (1)
Melatih siswa berdiskusi dalam kelompok untuk membuat hipotesis terhadap
masalah yang diberikan, (2) Memberikan motivasi agar siswa mengeluarkan
pendapat dan ide-ide mereka dalam menyelesaikan persoalan matematika.
Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif
matematika siswa di kelas VIII-2 MTs Negeri 2 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 194 |
Keywords: | INKUIRI, KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA801 Analytic mechanics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 04 Dec 2018 10:38 |
Last Modified: | 04 Dec 2018 09:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31407 |