PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI MTS NEGERI 2 MEDAN T.A 2018/2019

ARINI, NURUL (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI MTS NEGERI 2 MEDAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4143111038 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4143111038 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4143111038 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4143111038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4143111038 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4143111038 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4143111038 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4143111038 PREFACE.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4143111038 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4143111038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4143111038 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4143111038 TABLES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4143111038 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4143111038 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4143111038 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4143111038 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (380kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4143111038 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4143111038 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4143111038 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4143111038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif
matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran Inkuiri. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 MTs Negeri 2 Medan yang berjumlah
47 orang. Objek penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir
kreatif matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran Inkuiri pada
materi pokok relasi dan fungsi. Hasil analisis data yang diberikan kepada 47
orang siswa pada kemampuan berpikir kreatif awal siswa, yaitu 5 orang siswa
atau 10,6% yang telah mencapai ketuntasan, 42 orang siswa atau 89,4% belum
tutas. Setelah itu dari hasil analisis data setelah pemberian tindakan siklus I
diperoleh 18 siswa atau 38,9% dari 47 siswa telah mencapai ketuntasan
kemampuan berpikir kreatif matematika siswa dan 29 siswa lainnya atau 61,7%
belum tuntas dengan nilai rata-rata kelas 61,71. Setelah tes kemampuan berpikir
kreatif siklus II dilakukan barulah tercapai ketuntasan klasikal dan mengalami
peningkatan ketuntasan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa sebesar
51,06% atau 24 orang siswa dari siklus I. Dari hasil tes kemampuan berpikir
kreatif matematika II diperoleh 42 siswa atau 89,36% dari 47 siswa telah
mencapai ketuntasan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa dengan
nilai rata-rata kelas 75,17. Adapun upaya-upaya yang dilakukan untuk
meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa adalah: (1)
Melatih siswa berdiskusi dalam kelompok untuk membuat hipotesis terhadap
masalah yang diberikan, (2) Memberikan motivasi agar siswa mengeluarkan
pendapat dan ide-ide mereka dalam menyelesaikan persoalan matematika.
Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif
matematika siswa di kelas VIII-2 MTs Negeri 2 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 MAT 194
Keywords: INKUIRI, KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA801 Analytic mechanics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 04 Dec 2018 10:38
Last Modified: 04 Dec 2018 09:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31407

Actions (login required)

View Item
View Item