ARIANTI, DESI (2018) PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA GENETIKA SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI SUBSTANSI GENETIKA UNTUK SISWA SMA KELAS XII DI SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4141141009 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 4141141009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
3. NIM 4141141009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4. NIM 4141141009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
5. NIM 4141141009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
6. NIM 4141141009 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
7. NIM 4141141009 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM 4141141009 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (454kB) | Preview
13. NIM 4141141009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
14. NIM 4141141009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Tingkat kelayakan ensiklopedia
substansi genetika; (2) penilaian guru biologi SMAN 2 percut sei tuan; (3) Tanggapan siswa
terhadap ensiklopedia substansi genetika pada siswa SMA kelas XII. Jenis penelitian ini
adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan produk 4-D yang
dimodifikasi sesuai kebutuhan. Model ini meliputi 4 tahapan, yaitu (1) pendahuluan (define);
(2) design (perancangan); (3) develop ( pengembangan); (4) dissesminate (penyebaran).
Subjek uji coba terdiri dari tim aahli materi, ahli media, 1 guru biologi SMAN 2 percut sei
tuan, 3 siswa SMAN 2 percut sei tuan pada uji coba perorangan, 9 siswa SMAN 2 percut sei
tuan pada uji coba kelompok kecil dan 27 siswa SMAN 2 Percut Sei Tuan pada uji coba
kelompok lapangan terbatas. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan
dengan angket. Data dianalisis dengan tekhnik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil
penelitian menunjukan bahwa: (1) validasi tim ahli materi berada pada kriteria “sangat layak’
(83%); (2) validasi tim ahli media berada pada kriteria “sangat layak’ (81,25%); (3) penilaian
guru bidang studi biologi berada pada kriteria “ sangat layak (membantu)” (96,25%); (4) uji
coba perorangan berada pada kriteria “ sangat baik” ( 89,33%); uji coba kelompok kecil
berada pada kriteria “sangat baik” (89,61%); uji coba kelompok lapangan terbatas berada
pada kriteria “sangat baik” (92,46%), sehingga dapat disimpulkan bahwa produk penelitian
pengembangan ensiklopedia substansi genetika yang dikembangkan ini layak untuk
digunakan sebagai sumber belajar tambahan siswa kelas XII IPA atau sebagai penunjang
pembelajaran substansi genetika di SMA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 245 |
Keywords: | Pengembangan, Ensiklopedia, Substansi genetika |
Subjects: | Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 04 Dec 2018 10:08 |
Last Modified: | 10 Dec 2018 03:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31386 |