Tumanggo, Merin Wahyu Nengsih (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJRAN LEARNING CELL DENGAN STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 AIR PUTIH T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7141142019 COVER.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
2. NIM. 7141142019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (413kB) | Preview
3. NIM. 7141142019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
4. NIM. 7141142019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
5. NIM. 7141142019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. NIM. 7141142019 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 7141142019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 7141142019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
13. NIM. 7141142019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 7141142019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil
belajar akuntansi siswa Kelas XII IPS Akuntansi SMA Negeri 1 Air Putih. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan aktivitas dan hasil belajar
akuntansi siswa kelas XII IPS Akuntansi di SMA Negeri 1 Air Putih T.P
2018/2019 melalui penerapan model pembelajaran Learning Cell dengan Strategi
Active Knowledge Sharing .
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Air Putih T.P 2018/2019.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS Akuntansi yang berjumlah 32
orang. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Learning Cell
dengan Strategi Active Knowledge Sharing. Jenis penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan didalam dua siklus yang terdiri
dari empat tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan
aktivitas belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif
dan kuantatif.
Dari hasil Obsevasi aktivitas siswa diperoleh hasil aktivitas siswa pada
siklus I terdapat siswa yang memiliki aktivitas belajar sangat aktif sebanyak 4
siswa (12,5%), aktivitas yang aktif sebanyak 10 siswa (31,26%) dan aktivitas
cukup aktif sebanyak 9 siswa (28,12% ) dan tidak aktif 9 siswa (28,12%) untuk
sangat aktif dan mengalami peningkatan disiklus II yaitu sebanyak 19 siswa
(59,38%) yang memiliki aktivitas sangat tinggi, dan aktif sebanyak 8 siswa (25%)
serta siswa cukup aktif 4 siswa (11,7%) dan yang tidak aktif 1 siswa (3,12%).
Dari hasil analisis data diperoleh data test hasil belajar dengan nilai rata-rata yang
diperoleh dari pre test 68,90 dengan siswa yang tuntas 23 siswa ( 71,86%) dan
post test siklus I dengan nilai rata-rata yaitu 71,26 dengan siswa yang tuntas 24
siswa (75%) dan meningkat dihasil post test siklus II dengan nilai rata-rata sebesar
88,28 dengan siswa yang tuntas sebanyak 28 siswa (87,5%).
Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Learning Cell
dengan Strategi Active Knowledge Sharing dapat Meningkatkan Aktivitas dan
Hasil Belajar Akuntansi Siswa pada materi jurnal umum di Kelas XII IPS
Akuntansi SMA Negeri 1 Air Putih T.P 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 140 |
Keywords: | AKTIVITAS, HASIL BELAJAR AKUNTANSI, MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CELL, STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 04 Dec 2018 10:02 |
Last Modified: | 10 Dec 2018 03:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31384 |