PENGARUH METODE PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ANATOMI FISIOLOGI KELAS X SMK PARIWISAT IMELDA MEDAN

Vionita, Suci (2018) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ANATOMI FISIOLOGI KELAS X SMK PARIWISAT IMELDA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5113144040 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5113144040 COVER.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5113144040 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5113144040 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (513kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5113144040 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5113144040 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5113144040 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5113144040 PREFACE.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5113144040 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5113144040 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5113144040 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5113144040 TABLES.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5113144040 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5113144040 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5113144040 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5113144040 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (406kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 5113144040 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 5113144040 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5113144040 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5113144040 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar siswa mata
pelajaran anatomi fisiologi yang diajarkan dengan model konvensional di kelas X
SMK Pariwisata Imelda Medan, (2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran
anatomi fisiologi yang diajarkan dengan metode pembelajaran Example Non
Example di kelas X SMK Pariwisata Imelda Medan dan (3) pengaruh metode
pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran anatomi fisiologi di kelas X SMK Pariwisata Imelda Medan.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Sampel dari
penelitian ini sebanyak siswa kelas X yang berjumlah 60 orang. Pengambilan
sampel digunakan teknik total sampling, yaitu mengambil kelas X-1 sebanyak 30
orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebanyak 30 orang sebagai kelas
kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan tes sebagai kelas eksperimen.
Analisis data menggunakan teknik deskriptif, persyaratan analisis dengan uji
normalitas dan homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada mata
pelajaran anatomi fisiologi dengan menggunakan metode pembelajaran Example
Non Example diperoleh nilai rata-rata sebesar 84,60 dan standar deviasi 5,87
dengan memiliki kecenderungan nilai yang Baik sebesar 76,7%. Sedangkan pada
kelas kontrol (menggunakan metode ceramah) diperoleh nilai rata-rata 66,80 dan
standar deviasi 7,89 dengan tingkat kecenderungan dalam kategori kurang sebesar
70%. Hasil uji t diperoleh harga thitung = 9,915 dengan ttabel pada dk = 58 yaitu
sebesar 1,671. Maka nilai thitung > ttabel atau 9,915 > 1,671 yang artinya bahwa Ha
diterima. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan pengaruh yang signifikan
antara penerapan metode pembelajaran Example Non Example terhadap hasil
belajar siswa pada mata pelajaran anatomi fisiologi di kelas X SMK Pariwisata
Imelda Medan teruji kebenarannya. Hal ini berarti, siswa pada mata pelajaran
anatomi fisiologi dengan metode pembelajaran Example Non Example lebih baik
dari pada hasil belajar belajar siswa dengan menggunakan metode ceramah pada
siswa kelas X SMK Pariwisata Imelda Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 PKK 011
Keywords: Examle No Example; Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Anatomi Fisiologi
Subjects: Q Science > QM Human anatomy
Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 04 Dec 2018 09:59
Last Modified: 10 Dec 2018 03:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31381

Actions (login required)

View Item
View Item