Vionita, Suci (2018) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ANATOMI FISIOLOGI KELAS X SMK PARIWISAT IMELDA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113144040 COVER.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
2. NIM. 5113144040 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (513kB) | Preview
3. NIM. 5113144040 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
4. NIM. 5113144040 PREFACE.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
5. NIM. 5113144040 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM. 5113144040 TABLES.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
7. NIM. 5113144040 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 5113144040 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
12. NIM. 5113144040 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
13. NIM. 5113144040 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar siswa mata
pelajaran anatomi fisiologi yang diajarkan dengan model konvensional di kelas X
SMK Pariwisata Imelda Medan, (2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran
anatomi fisiologi yang diajarkan dengan metode pembelajaran Example Non
Example di kelas X SMK Pariwisata Imelda Medan dan (3) pengaruh metode
pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran anatomi fisiologi di kelas X SMK Pariwisata Imelda Medan.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Sampel dari
penelitian ini sebanyak siswa kelas X yang berjumlah 60 orang. Pengambilan
sampel digunakan teknik total sampling, yaitu mengambil kelas X-1 sebanyak 30
orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebanyak 30 orang sebagai kelas
kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan tes sebagai kelas eksperimen.
Analisis data menggunakan teknik deskriptif, persyaratan analisis dengan uji
normalitas dan homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada mata
pelajaran anatomi fisiologi dengan menggunakan metode pembelajaran Example
Non Example diperoleh nilai rata-rata sebesar 84,60 dan standar deviasi 5,87
dengan memiliki kecenderungan nilai yang Baik sebesar 76,7%. Sedangkan pada
kelas kontrol (menggunakan metode ceramah) diperoleh nilai rata-rata 66,80 dan
standar deviasi 7,89 dengan tingkat kecenderungan dalam kategori kurang sebesar
70%. Hasil uji t diperoleh harga thitung = 9,915 dengan ttabel pada dk = 58 yaitu
sebesar 1,671. Maka nilai thitung > ttabel atau 9,915 > 1,671 yang artinya bahwa Ha
diterima. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan pengaruh yang signifikan
antara penerapan metode pembelajaran Example Non Example terhadap hasil
belajar siswa pada mata pelajaran anatomi fisiologi di kelas X SMK Pariwisata
Imelda Medan teruji kebenarannya. Hal ini berarti, siswa pada mata pelajaran
anatomi fisiologi dengan metode pembelajaran Example Non Example lebih baik
dari pada hasil belajar belajar siswa dengan menggunakan metode ceramah pada
siswa kelas X SMK Pariwisata Imelda Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PKK 011 |
Keywords: | Examle No Example; Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Anatomi Fisiologi |
Subjects: | Q Science > QM Human anatomy Q Science > QP Physiology |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 04 Dec 2018 09:59 |
Last Modified: | 10 Dec 2018 03:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31381 |