Damanik, Kiki Rahayu (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DIKELAS X SEMSTER II SMA NEGERI 8 MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133321031 COVER_docx.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
2. NIM 4133321031 LEMBAR PEGESAHAN_docx.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 4133321031 ABSTRAK_docx.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
4. NIM 4133321031 KATA PENGANTAR_docx.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
5. NIM 4133321031 DAFTAR ISI_docx.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
6. NIM 4133321031 DAFTAR GAMBAR_docx.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
7. NIM 4133321031 DAFTAR TABEL_docx.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM 4133321031 BAB I_docx.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
13. NIM 4133321031 BAB V_docx.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
14. NIM 4133321031 DAFTAR PUSTAKA_docx.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe
Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi pokok suhu dan kalor.
Jenis penelitian ini adalah quasi exsperiment dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri
8 Medan yang berjumlah 5 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang ditentukan
dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan
menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe GI dan kelas X IPA 3 sebagai kelas Kontrol
dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian
ini ada dua, yaitu tes hasil belajar dalam bentuk essai yang telah dinyatakan valid oleh validator
dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Menguji hipotesis digunakan uji t, setelah uji
persyaratan dilakukan yaitu uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil uji hipotesis
menggunakan uji t diperoleh nilai rata-rata pretes siswa pada kelas eksperimen sebesar 37,14 dan
nilai rata-rata pstes sebesar 76,42. Nilai rata-rata pretes siswa pada kelas kontrol sebesar 35,71
dan nilai rata-rata postes sebesar 67,73. Hal ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan dari
model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar fisika siswa
pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X Semester II SMA Negeri 8 Medan T.P 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 198 |
Keywords: | kooperatif tipe gi, hasil belajar, suhu dan kalor |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 04 Dec 2018 09:57 |
Last Modified: | 10 Dec 2018 03:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31380 |