GINTING, RIBKA MEILISNA (2018) PENGARUH MODEL INKUIRI BERBANTUAN AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA DI KELAS X SMA NEGERI 2 MEDAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3143121028 COVER.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
2. NIM. 3143121028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (642kB) | Preview
3. NIM. 3143121028 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 3143121028 PREFACE.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
5. NIM. 3143121028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6. NIM. 3143121028 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 3143121028 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 3143121028 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (375kB) | Preview
13. NIM. 3143121028 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
14. NIM. 3143121028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri
berbantuan audiovisual terhadap hasil belajar sejarah siswa di Kelas X SMA
Negeri 2 Medan T.A 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian adalah Two
Group Pre-test-post-test Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara
cluster random sampling dengan mengambil dua kelas dari dua belas kelas yaitu
kelas X-MIPA 4 berjumlah 36 sebagai kelas eksperimen dan kelas X - MIPA 10
berjumlah 31 sebagai kelas kontrol.
Data penelitian diperoleh dengan menggunakan intrumen berupa tes pilihan
berganda sebanyak 23 soal dengan 5 option yang telah di validasi. Berdasarkan
hasil penelitian di kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest 33.06
dan dikelas kontrol sebesar 32.13 dan dilakukan uji t dua pihak yang
membuktikan bahwa kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah
diberi perlakuan diadakan posttest pada kedua kelas sehingga diperoleh rata-rata
posttest pada kelas eksperimen 84.31 dan pada kelas kontrol 74.03 berdasarkan uji
t diperoleh bahwa thitung = 13.82 dan ttabel = 1.6708 sehingga thitung > ttabel yang
menunjukkan bahwa adanya pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan
Audiovisual Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa di Kelas X SMA Negeri 2
Medan T.A 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 SJRH 076 |
Keywords: | Inkuiri, Audiovisual, Hasil Belajar Sejarah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 04 Dec 2018 09:56 |
Last Modified: | 10 Dec 2018 03:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31379 |