HARAHAP, RULIANSYAH PUTRA (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PUKULAN SWING SOFTBALL MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN DAN MODIFIKASI ALAT PADA SISWA KELAS XI IPA SMA S AL-WASHLIYAH 3 MEDAN T.A 2018-2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 6141111079 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM 6141111079 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (627kB) | Preview
3. NIM 6141111079 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
4. NIM 6141111079 PREFACE.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
5. NIM 6141111079 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
6. NIM 6141111079 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
7. NIM 6141111079 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM 6141111079 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (555kB) | Preview
13. NIM 6141111079 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
14. NIM 6141111079 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pukulan
swing softball pada siswa SMA S Al-Washliyah 3 Medan Tahun Ajaran 2018-2019.
Dengan jumlah subyek 28 orang, terdiri dari 14 orang putra dan 14 orang putri.
Jenis penelitian yang digunakan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas.
memaparkan apa saja yang terjadi ketika perlakuan diberikan, dan memaparkan
seluruh proses sejak awal pemberian perlakuan sampai dengan dampak dari
perlakuan tersebut.
Metode Penelitian adalah PTK, Pendekatan Kuantitaif yang bertujuan
menjelaskan fenomena-fenomena yang ada dengan angka-angka untuk untuk
mencandarkan karakterisktik individu. Penelitian ini menilai sifat dari kondisikondisi
yang tampak.
Hasil penelitian yang dilakukan pada Tahap Tindakan Siklus I maka siswa
yang tuntas 12 orang (42,85%) dan siswa yang belum tuntas 16 orang (57,14%)
belum tuntas secara klasikal. Selanjutnya di Siklus II siswa yang tuntas 24 orang
(85,71%) dan siswa yang belum tuntas 4 orang (14,28%). Nilai rata-rata hasil
belajar siswa pada data awal adalah (66,32) (tuntas), pada test siklus I nilai ratarata
hasil belajar siswa meningkat menjadi (75,39) (tuntas), pada pelaksanaan test
siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa telah mencapai (85,14) (tuntas).
Persentase ketuntasan belajar siswa pada data awal adalah 35%, pada test siklus I
meningkat menjadi 42,8%, dan pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa
telah mencapai 85,71%. Peningkatan nilai rata-rata hasil belajar dari test awal
hingga test siklus I yaitu 12 dan peningkatan nilai rata-rata hasil belajar dari test
siklus I hingga test siklus II yaitu 7,8% dan peningkatan klasikal dari test awal
hingga test siklus I adalah 42,85% dan peningkatan klasikal dari test siklus I hingga
test siklus II adalah 85,71%. Berdasarkan hasil analisis data dapat diperoleh
kesimpulan bahwa melalui variasi pembelajaran dan modifikasi alat dapat
memberikan peningkatan hasil belajar pukulan swing softball melalui variasi
pembelajaran dan modifikasi alat pada siswa kelas XI IPA SMA S Al-Washliyah
3 Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PJKR 101 |
Keywords: | Hasil Belajar Pukulan Swing Softball, Variasi Pembelajaran, Modifikasi Alat |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV733 Professionalism in sports. Professional sports (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 04 Dec 2018 09:29 |
Last Modified: | 10 Dec 2018 08:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31369 |