NASUTION, RINALDI ALPIAN (2018) PENDEKATAN SAINTIFIK MELALUI MEDIA AUDIOVISUAL DAN MODIFIKASI ALAT DALAM PENERAPAN VARIASI PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 RANTAU SELATAN KAB. LABUHAN BATU TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 6133311063 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. NIM 6133311063 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
3. NIM 6133311063 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
4. NIM 6133311063 PREFACE.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
5. NIM 6133311063 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM 6133311063 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM 6133311063 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM 6133311063 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
13. NIM 6133311063 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
14. NIM 6133311063 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah
dalam permainan bola voli melalui penerapan pendekatan saintifik melalui media
audiovisual dan modifikasi alat dalam penerapan variasi pembelajaran pada siswa
kelas XI MIFA 1 SMA Negeri 2 Rantau Selatan Tahun Ajaran 2017/2018. Subjek
dalam penelitian ini adalah 38 orang siswa yang terdiri dari 12 siswa putra dan 26
siswa putri, yang diberi tindakan berupa pembelajaran terhadap hasil belajar
passing bawah bola voli melalui penerapan pendekatan saintifik melalui media
audiovisual dan modifikasi alat dalam penerapan variasi pembelajaran. Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research).
Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar
passing bawah diakhir setiap siklus. Analisis data dimulai dengan paparan data
secara deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan : (1) tes hasil belajar siklus I
diperoleh sebanyak 18 orang siswa dengan nilai setelah dikonversikan (47,36%)
telah mencapai tingkat ketuntasan hasil belajar, sedangkan 20 siswa (52,46%)
belum mencapai ketuntasan hasil belajar. Dengan nilai rata – rata 66,16. (2) dari
tes belajar siklus II diperoleh data sebanyak 33 orang siswa dengan nilai rata –
rata sebesar (87%) yang telah mencapai ketuntasan hasil belajar sedangkan 5
orang siswa (13%) masih belum tuntas dalam hasil belajar.
Dengan nilai rata – rata hasil belajar adalah 78,83. Sehingga kenaikan
nilai rata – rata antara siklus I dan siklus II adalah sebesar 12,67 %. Berdasarkan
hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pembelajaran
pendekatan saintifik melalui media audiovisual dan modifikasi alat dalam
penerapan variasi pembelajaran dapat memberikan peningkatan terhadap hasil
belajar passing bawah dalam permainan bola voli pada siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PJKR 106 |
Keywords: | Pendekatan Saintifik, Media Audiovisual, Modifikasi Alat, Variasi Pembelajaran, Passing Bawah |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training > GV401 Physical education facilities. Sports facilities |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 04 Dec 2018 09:28 |
Last Modified: | 10 Dec 2018 08:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31368 |