MALGUSNA, NADYA THALIA (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BIOLOGI BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN DI KELAS XI MIA SMA NEGERI 12 MEDAN T.P. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4141141045 COVER.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
2. NIM. 4141141045 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
3. NIM. 4141141045 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
4. NIM. 4141141045 PREFACE.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. NIM. 4141141045 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. NIM. 4141141045 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 4141141045 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 4141141045 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
13. NIM. 4141141045 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM. 4141141045 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan LKPD biologi
berbasis inkuiri terbimbing pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan
model pengembangan produk 4-D. Model ini meliputi 4 tahap, yaitu: (1) define;
(2) design; (3) develop; (4) disseminate. Penelitian ini dibatasi hingga tahap
pengembangan (develop), yaitu hanya sampai tahap uji coba produk pada
kelompok lapangan terbatas. Penelitian ini dimulai sejak bulan Februari-
September 2018 di SMA Negeri 12 Medan. Subjek dalam penelitian ini siswa
kelas XI MIA 2, XI MIA 3, dan XI MIA 4, objek penelitian berupa LKPD
berbasis inkuiri terbimbing yang telah dikembangkan. LKPD yang dikembangkan
divalidasi oleh ahli materi, ahli pembelajaran, ahli desain grafis, guru, dan uji
lapangan. Uji coba lapangan dilakukan sebanyak tiga kali, yaitu uji coba
perorangan sebanyak tiga orang siswa, uji coba kelompok kecil sebanyak
sembilan orang siswa, dan uji coba kelompok lapangan terbatas sebanyak 36
orang siswa. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan
angket. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase penilaian oleh ahli materi
sebesar 97,9% dengan kriteria “sangat layak”; ahli pembelajaran sebesar 94,79%
dengankriteria “sangat layak”; ahli desain grafis sebesar 93,52% dengan kriteria
“sangat layak”; penilaian guru biologi sebesar 98,45% dengan kriteria “sangat
layak”; uji coba perorangan sebesar 78,72% dengan kriteria “Baik”; uji coba
kelompok kecil sebesar 83,17% dengan kriteria “Baik”; uji coba kelompok
terbatas sebesar 90,39% dengan kriteria “Baik”. Dapat disimpulkan bahwa produk
penelitian pengembangan LKPD Biologi ini layak digunakan sebagai bahan ajar
siswa kelas XI MIA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 246 |
Keywords: | Pengembangan, LKPD, Inkuiri Terbimbing, Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 03 Dec 2018 10:22 |
Last Modified: | 22 Feb 2019 07:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31352 |