NAINGGOLAN, ROKAYA MARIA (2018) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN THINK ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SILOU KAHEAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4111111019 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 4111111019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
3. NIM. 4111111019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
4. NIM. 4111111019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
5. NIM. 4111111019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6. NIM. 4111111019 TABLES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. NIM. 4111111019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM. 4111111019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (536kB) | Preview
13. NIM. 4111111019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM. 4111111019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menerapkan metode pembelajaran Think Aloud Pair Problem Solving. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 SMP Negeri 1 Silou Kahean T.A 2017/2018 yang berjumlah 36 orang. Objek penelitian ini adalah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi pecahan.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada setiap akhir siklus diberikan tes untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Dari analisis data diperoleh nilai rata-rata siswa pada siklus 1 adalah 54,93 atau tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa termasuk dalam kriteria rendah dengan 25 siswa atau 69,44% dari keseluruhan siswa telah mencapai ketuntasan belajar dan pada siklus 2 nilai rata-rata siswa adalah 78,54 atau tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa termasuk dalam kriteria sedang dimana banyak siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar sebanyak 31 orang atau 86,11% dari seluruh siswa. Berdasarkan nilai rata-rata siswa pada siklus 2 disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa mengalami peningkatan. Dari hasil pengamatan, pembelajaran matematika pada materi pecahan dengan metode pembelajaran Think Aloud Pair Problem Solving di kelas VII SMP Negeri 1 Silou Kahean terlaksana dengan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 200 |
Keywords: | Metode Think Aloud Pair Problem Solving, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis SMP |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 03 Dec 2018 10:15 |
Last Modified: | 03 Dec 2018 03:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31349 |