Hamamy, Fauziyatul (2012) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIF BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI I TALAWI KABUPATEN BATU BARA PROGRAM KEAHLIAN BUDIDAYA AIR PAYAU TAHUN AJARAN 2010/2011. Masters thesis, UNIMED.
1500081188230135 Abstrak.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
1500081188230135 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (521kB) | Preview
1500081188230135 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (684kB) | Preview
1500081188230135 Bab I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
1500081188230135 Bab V.pdf - Published Version
Download (855kB) | Preview
1500081188230135 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar Kewirausahaansiswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran elaborasi dibandingkan dengansiswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori; (2) hasil belajarKewirausahaan siswa yang memiliki motif berprestasi rendah; (3) ada tidaknyainteraksi antara strategi pembelajaran dan motif berprestasi siswa terhadap hasilbelajar Kewirausahaan.Penelitian ini dilaksanakan di SMK negeri 1 Talawi Kab. Batu Bara padasemester ganjil tahun pelajaran 2010/2011. Populasi berjumlah 120 orang.Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling berjumlah 78 orangyang terdiri dari 38 orang kelas lIMP2 diajarkan strategi pembelajaran elaborasi dan40 orang kelas I1MP3 diajarkan strategi pembelajaran ekspositori. Tes motifberprestasi dilakukan untuk mengelompokkan siswa yang mempunyai motifberprestasi tinggi dan motif berprestasi rendah. Metode penelitian yang digunakanadalah kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Uji statistik yang digunakanadalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan dilanjutkan dengan statistikinferensial dengan menggunakan ANAVA dua jalur dengan taraf signifikan a = 0,05yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Sebelumnya dilakukan uji analisis berupa ujinormalitas dan uji homogenitas.Hasil penelitian menunjukkan (1) hasil belajar Kewirausahaan siswa yangdiajarkan dengan strategi pembelajaran elaborasi lebih baik dan pada hasil belajarKewirausahaan siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori,dengan Fhitung = 11,40 > Ftabd 3,98 pada taraf signifikan a= 0,05; (2) basil belajarKewirausahaan siswa yang memiliki motif berprestasi tinggi lebih baik dari padahasil belajar Kewirausahaan siswa yang memiliki motif berprestasi rendah, denganFhitillig 14,71 > Ftabei = 3,98 pada taraf signifikan a= 0,05; (3) terdapat interaksiantara strategi pembelajaran dengan motif berprestasi dalam mempengaruhi basilbelajar siswa, dengan Fhiwng = 11,09 > Ftabel = 3,98 pada taraf signifikan a = 0,05.Hipotesis ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran elaborasi lebih tepat daripadastrategi pembelajaran ekspositori dalam meningkatkan hasil belajar kewirausahaansiswa, dan siswa yang memiliki motif berpresasi tinggi akan memperoleh basil yanglebih baik daripada siswa yang memiliki motif berprestasi rendah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.238 Ham p |
Keywords: | Kewirausahaan; Prestasi; Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 03 Jun 2016 03:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3132 |