PANJAITAN, LAMTIAR (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN DI KELOMPOK A TK SANTA LUSIA MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1142113014_COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 1142113014_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
3. NIM. 1142113014_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
4. NIM. 1142113014_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
5. NIM. 1142113014_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 1142113014_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1142113014_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 1142113014_BAB I.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
13. NIM. 1142113014_BAB V.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
14. NIM. 1142113014_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah kurangnya kemampuan anak dalam
mengenal konsep bilangan ditandai dengan adanya anak yang belum mampu
menyebutkan urutan bilangan (angka) 1-10, ada anak yang belum mampu
membilang dengan menunjuk benda (mengenal konsep bilangan dengan bendabenda)
1-10, ada anak yang belum mampu menghubungkan/ memasangkan lambang
bilangan dengan benda-benda 1-10, ada anak yang belum mampu membedakan dan
membuat dua kumpulan benda yang sama jumlahnya, dan lebih banyak serta lebih
sedikit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan anak
dalam mengenal konsep bilangan setelah menggunakan media gambar di TK Santa
Lusia Medan tahun ajaran 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen menggunakan desain Pre-
Experimental Design, dengan bentuk One Group Pretest-Postest Design. Populasi
penelitian ini adalah seluruh kelas TK A yang berjumlah 31 orang anak dengan
sampel sebanyak 16 0rang anak. tehnik pengumpulan data menggunakan uji
homogenitas, uji normalitas, dan uji hipotesis (Uji-t).
Hasil analisis data observasi akhir kemampuan mengenal konsep bilangan
pada anak dengan menggunakan uji homogenitas, diperoleh nilai (1,5027) <
nilai (2,195) (homogen). Uji hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf
nyata α = 0,05 diperoleh (2,44) > (1,74). Berdasarkan hasil penelitian
tersebut dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan media
gambar terhadap kemampuan mengenal kosep bilangan anak usia 4-5 tahun di TK
Santa Lusia Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PAUD 085 |
Keywords: | media gambar, mengenal konsep bilangan, anak usia dini |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 03 Dec 2018 09:31 |
Last Modified: | 03 Dec 2018 08:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31311 |