Irwanto, Rudi (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SEI SUKA KAB.BATUBARA TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6131111065 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 6131111065 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
3. NIM. 6131111065 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
4. NIM. 6131111065 PREFACE.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
5. NIM. 6131111065 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM. 6131111065 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 6131111065 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM. 6131111065 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
13. NIM. 6131111065 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. NIM. 6131111065 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok melalui pendekatan saintifik pada siswa kelas XI SMANegeri 1 Sei Suka Kab. Batubara Tahun Ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang
digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas(Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA-2 SMANegeri 1 SeiSuka Kab. Batubara dengan jumlah siswa 35 orang, terdiri dari 11 orang siswa putra dan 24 orang
siswa putri. Berdasarkan hasil observasi kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran lompat jauh, pada siklus I kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran dalam kategori cukup (75%). Sedangkan pada siklus II kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran meningkat menjadi sangat baik (95,83%). Selanjutnya, sesuai hasil observasi partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran lompat jauh, pada siklus I keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran dalam
kategori kurang (75%). Sedangkan pada siklus II keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran meningkat menjadi lebih baik (95%). Kemudian untuk memperoleh hasil belajar keterampilan lompatjauhmaka dilakukan tes hasil
belajar yang dinilai berdasarkan portofolio yang telah disusun. Dari tes hasil belajar siklus I diperoleh 21siswa (60%) yang telah mencapai ketuntasan belajar,
sedangkan 14 siswa (40%) tidak mencapai ketuntasan belajar dengan nilai ratarata klasikal 73,81. Pada tes hasil belajar siklus II, siswa mengalami peningkatan
hasil belajar yaitu 31 siswa (88,57%) telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 4 siswa (11,43%) tidak mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata
nilai 81,19. Berdasarkan hasil tes tersebut terjadi peningkatan jumlah siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar dan memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yaitu
>85 %. Berdasarkan hasil analisa data diperoleh kesimpulan bahwa dalam pembelajaran melalui pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sei Suka Kab. Batubara Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PJKR 103 |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 03 Dec 2018 08:29 |
Last Modified: | 12 Dec 2018 08:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31297 |