Simanungkalit, Josua (2018) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS KOMPUTER UNTUK KELAS X SMK PAB 12 SAENTIS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3143121020 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. NIM. 3143121020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (473kB) | Preview
3. NIM. 3143121020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
4. NIM. 3143121020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
5. NIM. 3143121020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. NIM. 3143121020 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 3143121020 ILLUSTRAITON.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 3143121020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
12. NIM. 3143121020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
13. NIM. 3143121020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di kelas X BM 1 SMK PAB 12 Saentis, sampel
penelitian sebanyak 32. Teknik pengambilan data menggunakan observasi,
dokumentasi, angket. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi untuk
ahli materi dan ahli media serta lembar kuesioner untuk uji coba satu-satu, uji
coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Analisis data menggunakan teknik
deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: pengembangan pembelajaran berbasis
komputer pada mata pelajaran sejarah di SMK PAB 12 Saentis dilakukan melalui
tahapan; Potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain,
revisi desain, uji coba produk, revisi desain, uji coba pemakaian. validasi oleh ahli
materi diketahui bahwa modul mendapatkan penilaian 45 dengan persentase nilai
75 kategori cukup valid tidak/perlu revisi. validasi oleh ahli media diketahui
bahwa media mendapatkan penilaian 66 dengan persentase nilai 91,66 kategori
valid tidak perlu revisi. Hasil uji coba produk perorangan mendapatkan penilaian
44 dengan persentase nilai 73,33 kategori cukup valid tidak perlu revisi. Hasil uji
coba lapangan kelompok kecil oleh 6 orang siswa mendapatkan penilaian 49,83
dengan persentase nilai 83,05 kategori valid. Hasil uji coba lapangan dengan
siswa sesungguhnya oleh 32 orang siswa mendapatkan penilaian 50,71 dengan
persentase nilai 84,51 kategori valid tidak perlu revisi. Hal ini menunjukkan
bahwa pembelajaran berbasis komputer pada mata pelajaran sejarah layak
dikembangkan karena memenuhi uji validasi dari ahli materi, ahli media, uji
oerorangan, uji kelompk kecil dan uji kelayakan dikelas sesungguhnya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 SJRH 077 |
Keywords: | Pembelajaran Sejarah, Modul, Berbasis komputer |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 23 Nov 2018 14:10 |
Last Modified: | 14 Dec 2018 08:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31291 |