PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI WACANA/TEKS BAHASA ARAB KELAS XI MAN 1 PADANG SIDEMPUAN

Sakinah (2012) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI WACANA/TEKS BAHASA ARAB KELAS XI MAN 1 PADANG SIDEMPUAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1500061188210017 Abstrak.pdf]
Preview
Text
1500061188210017 Abstrak.pdf - Published Version

Download (421kB) | Preview
[thumbnail of 1500061188210017 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
1500061188210017 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[thumbnail of 1500061188210017 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
1500061188210017 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (977kB) | Preview
[thumbnail of 1500061188210017 Bab I.pdf]
Preview
Text
1500061188210017 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1500061188210017 Bab V.pdf]
Preview
Text
1500061188210017 Bab V.pdf - Published Version

Download (394kB) | Preview
[thumbnail of 1500061188210017 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
1500061188210017 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Perbedaan kemampuan siswamemahami wacana bahasa arab yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaranCRS (ceramah, resitasi, simulasi) dan strategi pembelajaran CTR (ceramah, resitasi,simulasi). (2) Perbedaan kemampuan siswa memahami wacana bahasa Arab yangmemiliki penguasaan kosakata tinggi dan kosa-kata rendah bila diajar denganmenggunakan strategi pembelajaran CRS (ceramah, resitasi, simulasi) dan strategi CTR(ceramah, tanya jawab, resitasi) dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran danpenguasaan kosa-kata terhadap kemampuan siswa memahami wacana bahasa Arab.Populasi penelitian ini adalah sefuruh kelas XI tahun ajaran 2009-2010 yang terdiri dari 5kelas dengan jumlah siswa sebanyak 198 orang siswa dan sampelnya sebanyak 80 siswayang diambil melalui cluster random sampling. Instrument tes yang digunakan dalampenelitian ini adalah objektif tes sebanyak 50 item dengan 5 pilihan (a, b, c, d, dan e).Sebelum tes digunakan sebagai slat pengumpul data maka terlebih lulu tes tersebut diujicobakan ke kelas lain yang bukan sampel, tujuannya agar item tes yang digunakan benar benar sahih untuk menjaring data yang dibutuhkan.Validitas tes diukur denganmenggunakan rumus Korelasi Poin Biserial dengan cara memberi skor 1 pada jawabanyang benar dan 0 pada jawaban yang salah, kemudian skor item dikorelasikan dengan skortotal dengan kriteria valid apabila rhitung > dari ri pada taraf signifikansi 0,05. Selanjutnyaintrumen tersebut diukur daya beda dan taraf kesukaran butir tes. Untuk mengujireliabelitas tes digwiakan rumus KR-20. Sebelum analisis data dilanjutkan terlebih dahuludilakukan persyaratan analisis yakni persyaratan normalitas varians dengan menggunakanUji Lilliefors dan persyaratan homogenitas varians digunakan Uji Barlett, karena terdapatinteraksi antara variabel bebas dengan variabel terikat maka dilanjutkan dengan UjiTuckey. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis varians Anava 2 jalurdengan taraf signifikansi 0,05.Hasil penelitian ini adalah; (1) Kemampuan siswa memahami wacana bahasa Arabyang diajar dengan menggunakan strategi CRS (ceramah, resitasi, simulasi) lebih ungguldaripada kemampuan siswa memahami wacana bahasa Arab yang diajar denganmenggunakan strategi CTR (ceramah, tanya jawab, resitasi), (2) Kemampuan siswamemahami wacana bahasa Arab yang memiliki tingkat penguasaan kosakata tinggi lebihunggul dad kemampuan siswa memahami wacana bahasa Arab yang memilikipenguasaan kosakata rendah dan (3) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran danpenguasaan kosakata terhadap kemampuan siwa memahami wacana bahasa Arab. Bagisiswa yang memiliki penguasaan kosakata tinggi lebih cocok diajar dengan menggunakanstrategi CRS dan siswa yang memiliki penguasaan kosakata rendah lebih cocok diajardengan menggunakan strategi pembelajaran CTR (ceramah, tanya jawab, resitasi) untukmeningkatkan kemampuan siswa memahami wacana Arabnya. Penefitian ini bermanfaatbagi guru untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui proses pembelajaran dengan carameningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam memilih strategi pembelajaranyang tepat sesuai dengan karakteristik siswa dan mata pelajaran. Untuk itu disarankankepada guru untuk menggunakan strategi CRS untuk siswa yang memiliki penguasaankosa-kata tinggi dan strategi CTR bagi siswa yang memiliki penguasaan kosa-kata rendah

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.21 Sak p
Keywords: Strategi Pembelajaran; Kosakata; WacanaArab
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis
P Language and Literature > PJ Semitic
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 03 Jun 2016 03:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3129

Actions (login required)

View Item
View Item