Sorayah, Mayasari (2018) PENGARUH GAYA MENGAJAR DAN KEMANDIRIAN TERHADAP HASIL BELAJAR RENANG GAYA BEBAS. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156111013 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 8156111013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 8156111013 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
4. NIM. 8156111013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
5. NIM. 8156111013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
6. NIM. 8156111013 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
7. NIM. 8156111013 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
8. NIM. 8156111013 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
9. NIM. 8156111013 BAB I.pdf - Published Version
Download (783kB) | Preview
13. NIM. 8156111013 BAB V.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
14. NIM. 8156111013 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (488kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar komando dan gaya mengajar latihan serta kemandirian terhadap hasil belajar renang gaya bebas. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII (Delapan) di SMP Dharma Pancasila Medan, kemudian lokasi perlakuan bertempat di kolam renang selayang Medan dengan jumlah sampel adalah 40 siswa. Penelitian ini menggunakan treatment by level 2 x 2. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar portofolio untuk tes hasil belajar renang gaya bebas dan angket untuk mengukur kemandirian siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis varians dua jalur (ANAVA) dan selanjutnya dilanjutkan dengan uji Tukey pada tingkat signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) hasil belajar renang gaya bebas menggunakan gaya mengajar latihan (A2) lebih tinggi dari hasil belajar renang gaya bebas menggunakan gaya mengajar komando (A1), (2) hasil belajar renang gaya bebas menggunakan gaya mengajar latihan pada siswa dengan kemandirian tinggi (A2B1) lebih tinggi dari hasil belajar renang gaya bebas menggunakan gaya mengajar komando pada siswa dengan kemandirian tinggi (A1B1), (3) hasil belajar renang gaya bebas menggunakan gaya mengajar latihan pada siswa dengan kemandirian rendah (A2B2) lebih rendah dari hasil belajar dengan gaya mengajar komando pada siswa yang memiliki kemandirian rendah (A1B2), (4) terdapat interaksi antara gaya mengajar (A) dan kemandirian (B) terhadap hasil belajar renang gaya bebas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 797.2 Sor p |
Keywords: | Gaya Mengajar Komando, Gaya Mengajar Latihan, Kemandirian, Renang Gaya Bebas |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV712 Athletic contests. Sports events G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV770 Water sports: Canoeing, sailing, yachting, scuba diving, etc. |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Nov 2018 06:41 |
Last Modified: | 16 Nov 2018 06:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31278 |