Damayanti, Lisbet (2018) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA JEPANG TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA JEPANG. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156122018 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 8156122018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
3. NIM. 8156122018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
4. NIM. 8156122018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
5. NIM. 8156122018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. NIM. 8156122018 TABLES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
7. NIM. 8156122018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 8156122018 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 8156122018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (614kB) | Preview
13. NIM. 8156122018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
14. NIM. 8156122018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (417kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar bahasa
Jepang siswa dengan strategi pembelajaran Kontekstual atau Contextual Teaching
Learning (CTL) dan strategi pembelajaran Ekspositori (2) perbedaan hasil belajar
bahasa Jepang siswa yang memiliki motivasi lebih tinggi dengan siswa yang
memiliki motivasi rendah (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi
belajar bahasa Jepang siswa terhadap hasil belajar bahasa Jepang siswa. Jenis
penelitian ini adalah eksperimen semu dengan design faktorial 2x2. Populasi
penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA N 1 Medan yang berjumlah 79
orang pada semester genap tahun 2017/2018. Instrumen pengumpulan data yang
digunakan yaitu tes hasil belajar bahasa Jepang pilihan berganda dan instrument
angket The Attitude/Motivation Test Battery (AMTB) oleh Gardner untuk
mengukur motivasi belajar bahasa Jepang siswa. Dari data yang diperoleh setelah
dilakukan penelitian, hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan
hasil belajar bahasa Jepang siswa yang diajar dengan strategi CTL dan
pembelajaran Ekspositori, dimana Fhitung (4,32) > Ftabel (4,1). Hasil penelitian
menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan strategi CTL
lebih tinggi dari strategi ekspositori; (2) terdapat perbedaan hasil belajar bahasa
Jepang siswa yang memiliki motivasi belajar bahasa Jepang tinggi dengan
motivasi belajar bahasa Jepang rendah, dimana Fhitung (78,13) > Ftabel (4,1); (3)
terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan motivasi belajar bahasa
Jepang terhadap hasil belajar bahasa Jepang siswa kelas XI SMA N 1 Medan,
dimana Fhitung (4,8) > Ftabel (4,1). Kegiatan pembelajaran CTL mendorong siswa
untuk mengkonstruk pengetahuan yang didapatnya, mengkonfirmasi dengan
kehidupan sehari-hari dan dapat memodelkan pengetahuan yang telah diterimanya,
sehingga mendorong siswa untuk lebih aktif, kreatif dan kritis. Siswa dengan
motivasi belajar lebih tinggi,memiliki pandangan positif terhadap pembelajaran
bahasa Jepang, sehingga hasil belajarnya juga lebih tinggi dari pada siswa dengan
motivasi belajar lebih rendah
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 370.15 Dam p |
Keywords: | CTL, Ekspositori, Motivasi Belajar Bahasa Jepang Tinggi, Motivasi Belajar Bahasa Jepang Rendah |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PH Finno-Ugrian, Basque languages and literatures |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Nov 2018 05:06 |
Last Modified: | 15 Nov 2018 05:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31266 |