MUHAMMAD, MAHADIR (2018) PENERAPAN MODUL PEMBELAJARAN OLEH GURU UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR ILMU STATIKA DAN TEGANGAN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN GAMBAR BANGUNAN SMK N1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5112111004 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 5112111004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
3. NIM. 5112111004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. NIM. 5112111004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
5. NIM. 5112111004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 5112111004 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 5112111004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 5112111004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (525kB) | Preview
12. NIM. 5112111004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
13. NIM. 5112111004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran statika dan tegangan melalui penerapan modul pembelajaran oleh Guru SMK Negeri 1 Percut Sei tuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X kompetensi keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Percut Seituan Tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa 25 orang, strategi penelitian ini bersifat deskriktif yang bertujuan untuk
mengetahui rata-rata minat dan hasil belajar siswa pada saat penelitian dilaksanakan Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus dan menggunakan penilaian lembar observasi hasil belajar statika dan teganggan. Dan hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terlihat meningkatnya minat dan hasil belajar siswa Hasil penelitian menggunakan modul pembelajaran oleh guru dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dimana peningkatan minat dan hasil belajar dari siklus I ke siklus II, dimana ketuntasan minat belajar siswa pada siklus I terdapat 15 orang siswa dan hasil belajar terdapat 7 orang siswa tidak mencapai Kriteria
Ketuntasan Minimum (KKM) dan 10 orang siswa yang cukup minat dan 18 orang siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Sedangkan pada siklus II tidak terdapat lagi siswa yang tidak minat belajar dan hasil belajar siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM).
Rata-rata minat dan hasil belajar siswa setelah dilakukan penerapan modul pembelajaran oleh guru adalah mengalami peningkatan, dimana dari siklus I nilai rata-rata minat belajar siswa adalah 72,00% hasil belajar siswa adalah 72,22% pada siklus II meningkat, dimana minat menjadi 86,00% dan hasil belajar menjadi 77,31% dengan rata-rata peningkatan minat 14 % dan rata-rata peningkatan hasil
belajar 4,91%. Dari hasil peningkatan minat dan hasil belajar tersebut berarti bahwa penerapan modul pembelajaran oleh guru pada mata pelajaran statika dan tegangan mengalami peningkatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BAN 046 |
Keywords: | minat dan hasil belajar, modul oleh guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 26 Oct 2018 11:36 |
Last Modified: | 09 Nov 2018 03:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31210 |